Polisi Lepas Tersangka Kasus Pencabulan, Ini Kata Kapolres Luwu

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan. | POJOKSULSEL - BAYU

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan. | POJOKSULSEL - BAYU

POJOKSULSEL.com, LUWU – Kasus pencabulan di bawah umur yang menimpa bocah berinisial E (9) yang dilakukan AN (13) di Dusun Tamara, Desa Salubua, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu kini telah masuki tahap penyidikan unit PPA Sat Reskrim Polres Luwu.

Namun status pelaku yang kini telah menjadi tersangka yang sebelumnya menjalani penahanan selama 4 hari, kini telah dipulangkan ke pihak orang tua oleh Kepolisian, karena dinilai sudah mengacu pada undang-undang peradilan anak.

 

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan saat diwawancara terkait kasus tersebut mengungkapkan alasan kepolisian tersangka dilepas dari penahanan.

“Ini karena korban di bawah umur, pelaku juga di bawah umur, maka kita mengacu pada Undang-undang Peradilan Anak, karena mengacu pada undang-undang tersebut maka untuk pelaku tidak dilakukan penahanan, tapi proses tetap berjalan karena tidak adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. prosesnya akan kami kirim ke kejaksaan, namun pelaku ini tidak ditahan,” urainya.

Terkait kelanjutan dari kasus tersebut, maka Kapolres Luwu pun menambahkan, jika kasus tersebut akan dilimpahkan kekejaksaan dan menyerahkan keputusan terhadap hakim dipengadilan nantinya.

“Itu nanti semua adalah keputusan dari hakim, baik pidananya, karena peradilan anak itu kan berbeda-beda hukumannya, bisa saja nantinya akan dikembalikan kepada orang tuanya untuk dibina, tapi itu nanti keputusannya tergantung pada hakim,” tegasnya.

Sementara itu beberapa pihak minta kepolisian dalam hal ini penyiidik seharusnya menjadi perhatian kepolisian terkait di pulangkannya tersangka untuk menunggu proses peradilan adalah faktor keamanan, di mana pihak keluarga korban yang dinilai masih sensitif kiranya rentan dan bisa saja berbuah hal yang tidak diinginkan.
(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …