Kulit Sehat dan Cantik Saat Berpuasa, Ini Carannya

Ilustrasi

Ilustrasi

PUASA bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tampil tidak semangat. Merawat kecantikan kulit selama puasa bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Kuncinya adalah tetap membuat tubuh terhidrasi atau cukup cairan.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Laksmi Duarsa berbagi kiat kepada JawaPos.com, Senin (29/5/2017).

 

Dia memiliki berbagai kiat mudah agar kulit tetap sehat dan cantik selama puasa. Laksmi menyarankan sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke salon.

1. Banyak Minum

Minum air putih idealnya minimal 8 gelas sehari. Saat puasa pun, konsumsi air putih juga harus tercukupi. Cara mengaturnya untuk menyesuaikan saat sahur dan berbuka adalah dengan minum air putih 3 gelas saat sahur, dan 5 gelas saat berbuka hingga tidur.

“Pelan-pelan saja minumnya, yang penting sehari tetap 8 gelas. Jangan buka puasa langsung banyak. Bisa 5 gelas saat buka hingga menjelang tidur. Lebih dari 8 gelas juga lebih baik, karena kan dibuang lewat urin nantinya,” kata Laksmi.

2. Buah dan Sayur

Jika asupan buah dan sayur terpenuhi maka asupan vitamin tak perlu lagi dikonsumsi. Tubuh memerlukan vitamin A, C, dan E agar kulit tetap sehat. Selama puasa, hanya sayur dan buah yang paling ampuh menambah vitamin bagi tubuh.

“Betul, jika asupan buah dan sayur cukup, maka tak perlu lagi minum vitamin. Minum susu juga boleh. Buah dan sayurnya yaitu wortel, alpukat, pepaya, labu, almond sebanyak-banyaknya, ” kata Laksmi.

3. Pola Tidur

Pola tidur saat puasa tentu berubah. Waktu tidur terpotong dengan waktu sahur. Sehingga jika kurang tidur, maka lingkaran hitam di bawah mata atau dikenal dengan istilah mata panda akan terlihat. Laksmi menegaskan sebisa mungkin saat berpuasa, seseorang mengalami tidur malam yang berkualitas.

“Tidur seseorang idealnya 6-8 jam. Tetapi yang penting berkualitas, sebaik mungkin. Walaupun tidur 12 jam tapi tak nyenyak atau berkualitas juga percuma,” katanya.

4. Camilan Sehat

Saat berpuasa, memilih camilan usai berbuka juga harus diperhatikan demi kesehatan dan kecantikan kulit. Terlalu banyak makan gorengan dan makanan tinggi gula, tidak baik bagi kulit dan kesehatan tubuh.

“Camilan sehat itu sayur dan buah. Salad itu bagus, tapi dressingnya jangan thousand island ya karena itu terlalu manis. Kurangi makanan yang berlemak dan manis-manis,” jelas Laksmi.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds