Ini Alasan Kenapa Pendidikan Seks Penting untuk Anak

Ilustrasi

Ilustrasi

ORANGTUA juga dianjurkan memberikan pendidikan seks yang sesuai dengan usianya. Misalnya ibu harus terus mendampingi anak perempuannya, khususnya saat masa puber. Karena dalam masa transisi ini, anak banyak mengalami hal baru.

Spesialis kebidanan dan kandungan RSUD dr Soetomo dr Relly Yanuari Primariawan SpOG(KFER) mengatakan selama ini yang banyak terjadi perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas tidak diringi dengan perubahan psikis. Bisa saja, secara fisik seorang anak perempuan sudah mirip perempuan dewasa. Namun tidak diiringi oleh perkembangan kejiwaan dan emosi. ’’Mereka masih sangat butuh perhatian, tuntunan, dan bimbingan orang tua,’’ jelasnya.

 

Berbagai pengalaman baru akan membuat anak penasaran dan ingin mencoba hal yang sebelumnya tidak pernah mereka rasakan. Selama didampingi orang tua, anak akan mendapatkan penjelasan demi penjelasan yang mereka butuhkan. Hal itu bisa mencegah anak terjerembab dalam pergaulan bebas.

Apalagi di Indonesia, pergaulan bebas jelas dilarang. Maka pemberian pendidian seks bagi anak yang mengalami pubertas sangat mendukung pencegahan hal negatif. Ditanya mengenai penyebab anak mengalami pubertas di usia yang lebih muda, Relly mengatakan penyebabnya adalah hormone GnRH yang mulai aktif. Hormon GnRH berfungsi selama masa pre-pubertas.

Bila hormon ini aktif bisa memicu hormone lainnya seperti LH, FSH, dan Estrogen yang berfungsi menumbuhkan tanda-tanda seks sekunder. Beberapa yang memicu aktifnya hormone

GnRH adalah rangsangan informasi secara visual dari berbagai media dimana pun anak tersebut berada. Jadi, keterlibatan kecepatan media informasi global yang diakses berpengaruh pada bergesernya usia pubertas yang mulai muda. Selain itu, adalah pola makanan atau gizi yang sangat cukup bisa mempercepat pubertas. ’’Pola yang ada juga, mereka yang hidup di perkotaan cenderung lebih cepat mengalami pubertas daripada yang tinggal di pedalaman atau pedesaan,’’ ucapnya.

(ina/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds