Gaji PNS Terlambat, Ombudsman Panggil Dinsos Sulbar

Gaji PNS Ditunda, Ombudsman Panggil Dinsos Sulbar

Gaji PNS Ditunda, Ombudsman Panggil Dinsos Sulbar

POJOKSULSEL.com, MAMUJU – Menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait dugaan Maladministrasi penundaan pembayaran gaji Pegawai Dinas Sosial (Dinsos) Sulbar, Ombudsman RI Sulbar melakukan pemanggilan terhadap terlapor dan pelapor untuk proses mediasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar, mengatakan, mediasi ini merupakan upaya persuasif yang dilakukan untuk mencari titik terang atas permasalahan yang dialami pelapor, dalam hal ini terjadinya penundaan pembayaran gaji.

“Setelah menelisik lebih dalam terkait penundaan pembayaran gaji tersebut, kami berkesimpulan untuk menempuh jalur mediasi mempertemukan kedua belah pihak, dan Alhamdulillah dari hasil mediasi yang dilakukan hari ini, akhirnya menemukan titik terang,” kata Lukman Umar.

Selaku pihak terlapor, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulbar, Kaharuddin Abdullah, yang hadir dalam mediasi ini, mengatakan keterlambatan pembayaran gaji pegawai tidak ada unsur kesengajaan, melainkan terkendala sistem, sebab gaji pegawai pindahan tidak terdaftar secara otomatis dalam sistem gaji pegawai dinas sosial, tetapi harus melalui proses pengurusan kesejumlah instansi terkait.

“Saya ini kepala dinas yang baru menjabat, namun demikian yang saya ketahui dari kasus ini, pihak Dinsos Sulbar telah mengajukan gaji pegawai ke Biro Keuangan Provinsi Sulbar, akan tetapi masih terdapat kekurangan anggaran gaji pegawai, dan pada waktu itu  gaji pelapor ini, tidak bisa di prioritaskan sebab akan mengganggu gaji pegawai dinsos secara keseluruhan,” terang Kaharuddin

Sementara itu Kepala Sub Bagian Keuangan, Dinsos Sulbar, Badariah, mengakui adanya kekeliruan dalam hal ini, dan pihaknya berjanji akan segera menyelesaikan. “Jika tidak ada halangan Insya Allah keterlambatannya akan diselesaikan  setelah penginputan gaji pegawai pada bulan juni 2017,” ucap Badariah. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds