Anak Perempuan Puber di Usia 10 Tahun, Ini Penjelasannya

Ilustrasi.

Ilustrasi.

BILA pada umumnya seorang remaja perempuan mendapatkan menstruasi pertama pada usia 12-13 tahun, maka yang terjadi sekarang, usia pubertas semakin muda. Sekarang ditemui, pubertas pada remaja perempuan bergeser 2-3 tahun lebih muda. Spesialis kebidanan dan kandungan RSUD dr Soetomo Surabaya dr Relly Yanuari Primariawan SpOG(KFER) mengatakan, saat ini usia pubertas mulai bergeser 2-3 tahun lebih muda.

Sebenarnya, keadaan ini masih dalam batas normal. Bukan termasuk pubertas dini. Sebab pubertas dini terjadi pada anak yang usianya kurang dari delapan tahun. Tapi, masih banyak orang menganggap hal ini tidak wajar. ’’Biasanya dibawa ke spesialis kandungan karena orang tuanya khawatir,’’ papar Relly.

Dokter biasanya hanya memberikan Konsultasi Edukasi Informasi (KIE) saja tanpa memberikan obat-obatan. Sebab memang tidak ada gangguan medis yang membutuhkan pengobatan farmakologi. Menurut Relly yang memang perlu ditekankan adalah edukasi pada orang tua.

Sebab ketika anak perempuan sudah menstruasi, artinya fungsi indung telur untuk menghasilkan sel telur mulai terjadi. Bila sel telur sudah mulai diproduksi pada seorang perempuan, maka saat itu sudah bisa terjadi kehamilan.

’’Harus aware dengan perubahan fisik yang terjadi pada anaknya. Misalnya payudara yang membesar, rambut kemaluan dan ketiak mulai tumbuh, dan berat badan bertambah secara cepat,’’ papar dokter spesialis kandungan konsultan fertilitas tersebut.

(ina/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …