Seperti Ini Kualitas Wasit Indonesia

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – George Cumming, konsultan wasit asal Skotlandia, yang didatangkan PSSI menyebutkan, seorang wasit yang bisa memimpin laga dengan baik, itu hanya bisa bertahan selama 75 menit.

Selanjutnya, semua keputusan yang diambil wasit sering keliru dan mengakibatkan kualitas pertandingan menjadi buruk.

 

Kesimpulan awal tersebut dibuat Cumming setelah menyaksikan kepemimpinan wasit Yudi Nurcahya dalam pertandingan antara Sriwijaya FC versus Madura United Sabtu (27/5/2017).

”Kalau mau memperbaiki semua masalah yang ada, memang tidak mudah. Tapi, saya punya sejumlah strategi. Yakni, memperbaiki cara komunikasi wasit, pelatihan kepada wasit, dan menugaskan tim pengawas wasit,” jelasnya dalam diskusi yang dihadiri perwakilan 18 klub kontestan Liga 1 kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Joko Driyono menyatakan, dirinya sudah mendengar semua masukan dan evaluasi yang disampaikan Cumming.

Hanya, mereka belum bisa menjadikan informasi tersebut sebagai bahan kesimpulan kualitas wasit yang selama ini ditugaskan di Liga 1.

”Kami belum bisa mengambil kesimpulan. Sebab, informasi yang disampaikan Cumming juga bersifat sementara,” ujar Joko.

”Tapi, kehadiran sosok seperti George Cumming untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja wasit tanah air ini patut diapresiasi. Mengingat reputasi dan jam terbang di dunia wasit internasional sudah sangat tinggi,” lanjutnya.

(JPG)



loading...

Feeds