Bulukumba Raih WTP Kelima

PEMERINTAH Kabupaten Bulukumba kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2016.

Opini WTP ini menjadi predikat WTP yang kelima kalinya secara berturut-turut diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba sejak tahun 2012. Artinya WTP periode pemerintahan sebelumnya mampu dipertahankan oleh periode Pemerintahan Bupati AM Sukri Sappewali bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto.

Penyerahan LHP LKPD Bulukumba 2016 ini dilakukan oleh Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis kepada Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Wakil Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki di aula Kantor BPK Perwakilan Sulsel, Jalan A.P. Pettarani Makassar, Senin (29/5).

Pemkab Bulukumba menerima LHP tersebut bersamaan dengan kabupaten/kota lainnya yang juga sama-sama menerima opini WTP, yakni Makassar, Parepare, Palopo, Bantaeng, Bone, Wajo, Sidrap, Barru, Luwu, dan Luwu Utara.

Harry Azhar Azis dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian opini didasarkan atas laporan keuangan sesuai standar dan kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan. Menurutnya pencapaian WTP tersebut menjadi komitmen dari pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan opini atas kewajaran pengelolaan keuangan pemerintah daerah dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan, dan kepatuhan terhadap perundang-undangan serta efektitas sistem pengendalian interen” ujar mantan Ketua BPK RI ini.

AM Sukri Sappewali merasa bersyukur atas capaian meraih opini WTP untuk tahun anggaran 2016 ini. Dirinya mengapresiasi jajaran Pemkab Bulukumba atas kinerjanya yang mampu melaporkan pengelolaan keuangan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Meski telah mendapatkan WTP, AM  Sukri berharap tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dapat diselesaikan oleh pihak yang terkait sesuai waktu yang ditentukan.

“Semoga ke depan kita bisa konsisten terhadap pencapaian ini, terima kasih kepada jajaran pemkab dan DPRD atas kerjasamanya selama ini” imbuh AM Sukri Sappewali.

Andi Hamzah Pangki mengemukakan pencapaian WTP kelima kalinya ini menunjukkan adanya kebersamaan  antara pemerintah kabupaten dan DPRD selama ini
“Kuncinya adalah adanya harmonisasi, kalau tidak, maka kita sulit mendapatkan opini WTP ini lima kali berturut-turut” pinta Hamzah Pangki.

Pada kesempatan tersebut para kepala daerah yang mendapat WTP menerima penghargaan dari BPK  sebagai motivasi pemda dalam melaksanakan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta untuk kemakmuran rakyat.

Turut serta dalam penyerahan tersebut adalah Wakil Ketua DPRD Andi Zulkarnain Pangki, dan Sekretaris Daerah Andi Bau Amal bersama dengan beberapa kepala OPD. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds

All England 2017, bulu tangkis, bulutangkis, pasangan owi butet, owi butet gagal di All England 2017, wakil indonesia di All England 2017

Owi/Butet Sukses “Ganyang” Malaysia

POJOKSULSEL.com, DUBAI – Pasangan Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memastikan satu tiket semifinal Dubai World Superseries Finals 2017. Keberhasilan …