Menantu Presiden Terlibat Hubungan Rahasia

Donald Trump

Donald Trump

MENANTU Presiden Donald Trump benar-benar berada dalam pusaran masalah. Berdasar laporan yang dimiliki media Amerika Serikat (AS), Jared Kushner, suami dari Ivanka Trump, menjalin hubungan rahasia dengan Rusia. Keduanya membicarakan mengenai pembukaan link komunikasi antara tim transisi Trump dengan Kremlin. Pembicaraan itu dilakukan Kushner dengan duta besar Rusia.

Nantinya, link itu sedianya akan menggunakan fasilitas diplomatik Rusia. Harapannya, pembicaraan yang akan dilakukan kedua belah pihak akan terlindungi dan tidak bocor kesiapa pun. Dilansir Washington Post lewat sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan, Duta Besar Rusia untuk AS, Sergey Kislyak melaporkan ke Moskow kalau Kushner, yang menjabat sebagai penasehat Trump, mengajukan proposal itu saat pertemuan pada awal Desember 2016 di Trump Tower.

 

Pertemuan itu juga dihadiri Michael Flynn yang kemudian ditunjuk sebagai penasehat keamanan nasional pertama Trump sebelum akhirnya mengundurkan diri karena kasus yang sama. Reuters menulis kalau setidaknya Kushner menghelat tiga kali pertemuan dengan Duta Besar Rusia, saat dan setelah, kampanye presiden pada 2016. Kontak itu pun termasuk dua telepon antara April dan November.

Apa istimewanya link langsung ke Moskow itu? Gedung Putih dan Moskow memang sudah punya hotline. Disebut sebagai Red Phone, meski itu bukan telepon, link itu dibikin untuk memungkinkan dua negara adidaya tersebut menghindari bencana nuklir saat Perang Dingin. Dan Kushner sepertinya meminta link semacam itu.

Namun, yang tidak biasa adalah, mereka memilih menggunakan hardware Rusia. Artinya, link ini bakal menjadi jalur komunikasi di luar jalur resmi kedua pemerintahan. Dan bila terwujud, link ini tidak akan masuk dalam kebijakan politik AS.

(reuters/usatoday/CNN/tia/JPK)



loading...

Feeds