Coba Deh, 7 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Mood Anda Bagus

Ilustrasi

Ilustrasi

APA yang Anda makan tidak hanya bisa memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Leih dari itu, juga berpengaruh pada naik-turunnya suasana hati Anda.

Misalnya, terlalu banyak banyak asupan gula, roti dan pasta, justru akan merusak mood Anda.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Pola makan sehat dan seimbang secara keseluruhan yang menyediakan segala nutrisi penting bagi tubuh akan memberi banyak bantuan ketika seseorang mengalami depresi.

Berikut ini beberapa makanan yang wajib dikonsumsi untuk mengatasi depresi, seperti dilansir laman MSN.

1. Brazil nuts

Brazil nuts kaya akan selenium yang penting untuk produksi hormon tiroid. Hanya membutuhkan perubahan kecil dalam hormon tiroid untuk mengembangkan gejala depresi dan kecemasan.

2. Tahini

Tahini terbuat dari biji wijen yang kaya akan seng. Zinc merupakan mineral yang diperlukan dalam otak.

Mereka yang kekurangan seng telah ditemukan berada pada risiko yang lebih tinggi dari depresi.

Zinc juga telah ditemukan mampu membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan fungsi metabolisme dan juga membantu produksi enzim yang melindungi sel-sel.

3. Almond

Almond mengandung salah satu tingkat tertinggi vitamin B12, yakni vitamin yang larut dalam air yang telah terbukti memiliki berbagai efek sehat pada tubuh.

Tapi yang paling penting adalah bahwa vitamin B12 penting dalam produksi zat serotonin dan orang-orang yang kekurangan vitamin B12 lebih mungkin untuk menderita depresi

4. Kenari

Kenari kaya akan asam lemak esensial omega 3. Asam lemak ini dibutuhkan untuk menjaga membran sel di otak tetap sehat dan membantu menghasilkan melatonin neurotransmitter otak.

5. Tart ceri

Tart ceri mengandung melatonin neurotransmitter yang penting untuk membantu tidur dan untuk menghasilkan hormon serotonin yang sangat penting untuk membantu mengatur suasana hati.

6. Kunyit

Penderita depresi memiliki tingkat lebih tinggi dari peradangan di otak yang bisa menurunkan kadar neurotransmitter serotonin.

Kurkumin adalah komponen aktif dari kunyit dan merupakan anti-inflamasi yang kuat. Para peneliti telah menemukan bahwa kurkumin membantu mengurangi gejala depresi karena sifat anti-inflamasi yang dikandungnya.

7. Jamur shitake

Jamur shitake adalah salah satu dari beberapa sayuran yang mengandung vitamin D. Orang dengan kadar vitamin D rendah berada pada risiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan mood seperti depresi.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …