Hari Ini Sidang Isbat, Kemenag Pantau Hilal di 77 Lokasi

Ilustrasi.  Dok JPNN

Ilustrasi. Dok JPNN

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 1438 Hijriyah pada Jumat, 26 Mei 2017.

Sebelum sidag Isbat digelar, Kemenag terlebih dahulu melakukan pemantauan hilal di 77 lokasi di seluruh Indonesia. Pemantauan hilal dilakukan mulai pukul 17.00.

Hasil pemantauan hilal akan disampaikan dalam sidang Isbat untuk menetukan awal Ramadhan. Sidang Isbat akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin Jakarta usai Salat Magrib.

Rencananya, sidang isbat akan dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pakar Falak dari sejumlah ormas Islam, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Beberapa duta besar negara-negara sahabat juga dijadwalkan akan menghadiri sidang isbat, begitu pun dengan Komisi VIII DPR RI dan perwakilan dari Mahkamah Agung.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ucap Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin seperti dikutip dari websiter Kemenag, Kamis (25/5/2017).



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …