Ini Spekulasi Bom Kampung Melayu, Terkait Pilkada Jakarta?

Ledakan di Terminal Kampung Melayu, Rabu malam (24/5)

Ledakan di Terminal Kampung Melayu, Rabu malam (24/5)

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Insiden bom Kampung Melayu, Jakarta, memunculkan berbagai spekulasi. Salah satunya, dianggap masih imbas dari ketegangan Pilkada DKI Jakarta.

“Momen dewasa ini, yang terjadi di dalam negeri bisa dipakai sebagai momen atau dijadikan alasan (bom),” ujar Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala kepada JawaPos.com.

 

Situasi yang dimaksud, kemungkinan sisa ketegangan dari Pilkada DKI Jakarta. Diketahui, Pilkada Ibu Kota kali ini cukup memunculkan situasi yang begitu panas. Bahkan, sampai saat ini ketika KPU sudah memastikan siapa pemenangnya.

Apalagi, sejumlah pengamat mengatakan bahwa Pilkada DKI Jakarta kemarin, rasanya sama seperti pemilihan presiden. “Mungkin sisa-sisa saat pilkada,” sebut Adrianus.

Tak hanya itu, situasi negara saat ini juga diusik dengan isu kebhinekaan. Munculnya isu makar, tuduhan pemerintah tidak suka terhadap gerakan Islam, juga bisa menjadi embrio tindakan pengeboman. “Demikian pula soal konflik horizontal. Itu juga dipakai sebagai dasar,” tuturnya.

Terakhir, kemungkinan yang melandasi dan berkaitan dengan situasi politik di Indonesia saat ini, yakni ada dugaan ketidaksenangan terhadap tokoh. Baik tokoh agama maupun masyarakat. “Atau ketidaksenangan terhadap beberapa tokoh. Itu mugkin juga semacam alasan,” pungkas Adrianus.

(dna/JPG)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …