Ini Menu Sahur yang Cocok untuk Bumil

Ilustrasi - Ibu hamil

Ilustrasi - Ibu hamil

POJOKSULSEL.com – Ibu hamil (bumil) yang ingin menunaikan ibadah puasa, sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang ia santap saat berbuka dan sahur.

Karena menu sahur untuk ibu hamil sangatlah berpengaruh bagi bumil yang seharian berpuasa.

Hal pertama yang harus diperhatikan bumil ialah menu dengan gizi seimbang. Pada umumnya, gizi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Lemak dan protein dapat bertahan lebih lama dalam pencernaan sehingga dapat membuat sang ibu kenyang lebih lama. Daging merupakan salah satu menu yang pas untuk sahur.

Hindari makanan pedas, karena akan mengganggu pencernaan ibu hamil. Hal terakhir yang paling penting adalah mengonsumsi banyak air putih. Agar saat berpuasa tidak dehidrasi dan kuat hingga berbuka.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan Seng agar tetap fit sepanjang berpuasa. Disarankan untuk meminum susu saat sahur.

Dan yang terakhir ialah perbanyak makan sayur dan buah. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan serat sang ibu dan mengindari konstipasi.

(ra/pojoksatu)



loading...

Feeds