Adrianus: Ada Pesan Politik di Insiden Bom Kampung Melayu?

Suasana pasca ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta

Suasana pasca ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Insiden bom Kampung Melayu, Jakarta menyisakan pesan politik. Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Adrianus Meliala menduga, ledakan itu bernuansa politis. Sebab dari sejarahnya, teror selalu bernuansa politis. Apalagi bom tersebut memiliki daya ledak yang merusakkan.

“Tidak pernah bom bertujuan semata-mata untuk lukai orang, lebih kepada suatu simbol politik,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com.

 

Sementara dari segi pelaku, bom bisa dilakukan pemain lama dan pemain baru. Untuk pemain lama, potensi pelaku mengarah kepada Islamic State Irak and Syria (ISIS).

Potensi itu cukup besar mengingat ISIS memiliki kemampuan dari segi pembuatan bom dan pendanaan. “Dewasa ini yang mugkin melakukannya adalah dia (ISIS). Kalau kelompok lain sudah kembang kempis, tinggal itu yang masih kuat. Atau mungkin juga ini bentuk keadaan terdesak dengan melawan berbagai cara,” duga Adrianus.

Ada juga kemungkinan bom tersebut berkaitan dengan bom di negara lain. Salah satunya yang terjadi di Manchester Arena, London, Inggris, saat konser Ariana Grande, Senin (22/5). “Pemain lama belum semuanya terguling. Kalau kita lihat ada kasus bom Manchaster, jangan-jangan ada semacam jaringan,” ucapnya.

Sementara dugaan dilakukan pemain baru ada tiga faktor kemungkinan. Pertama berkaitan dengan momen Pilkada 2017 kemarin. Kedua, konflik horizontal terkait Kebhinekaan. Ketiga, untuk menyasar tokoh-tokoh yang tidak disenangi.
“Mungkin sisa-sisa saat Pilkada, demikian pula soal konflik horizontal, atau ketidaksenangan terhadap beberapa tokoh. Itu mungkin juga semacam alasan,” pungkasnya.

(dna/JPG)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …