Besok Mulai Puasa, Ini Penjelasan Jamaah An-Nadzir

Pimpinan An-Nadzir Sulsel Ustad Lukman A Bakti usai melaksanakan salat magrib berjamaah di pemukiman An-Nadzir Kampung Mawang, Gowa, Rabu (24/5/2017) malam tadi. POJOKSULSEL/MUH FADLY

Pimpinan An-Nadzir Sulsel Ustad Lukman A Bakti usai melaksanakan salat magrib berjamaah di pemukiman An-Nadzir Kampung Mawang, Gowa, Rabu (24/5/2017) malam tadi. POJOKSULSEL/MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Jamaah An-Nadzir di Kampung Mawang, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bintomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mulai melakukan puasa pada penyambutan bulan Ramadan pada Kamis (25/5/2017) besok.

Pimpinan An-Nadzir Sulsel Ustad Lukman A Bakti mengatakan, jemaah An-Nadzir melaksanakan bulan Ramadan pada Kamis besok, karena telah diyakini sebagai awal masuknya Ramadan. Hanya saja belum sempurna.

“Dan besok (Kamis) masuk Ramadan itu kira-kira antara pukul 08.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA. Dan bulan terbit di barat atau kurang lebih 10 derajat atau 6 derajat di bawah nol,” kata Lukman A Bakti saat ditemui, Rabu (24/5/2017) malam tadi.

Lukman menjelaskan, puasa penyambutan Ramadan ini dilakukan karena awal Ramadan pada Kamis besok tidak terjadi sempurna.

Jemaat An-Nadzir masih makan sahur di subuh terakhir Sya’ban, dan mendapati puasa dan bebuka pada 1 Ramadan 1438 Hijriyah.

Menurut Lukman A Bakti, pengamatan untuk awal Ramadan telah dilakukan sejak terbit 15 purnama di bulan Sya’ban. Dan hasil pengamatab tersebut ditemukan bulan terbit pada Rabu subuh tadi, pada pukul 04.26 WITA di sebelah timur atau disebut bulan sabit tua.

Ustad Lukman A Bakti mengungkapkan, apabila konsisten 54 menit pertambahan waktu terbitnya bulan, maka bulan akan kembali terbit pada 05.20 WITA untuk hari Kamis besok.

“Dan harus kita paham bahwa batasan siang dan malam itu pada fajar Sidik. Fajar sidik juga akan terbit pada pukul 5.20 WITA pada Kamis besok,” kata Lukman A Bakti.

Dengan berpapasannya terbitnya bulan dan terbitnya Fajar Sidik pada Kamis besok. Sehingga Ustad Lukman menegaskan bahwa paa Jumat (26/5/2017) mendatang akan terbit pada pukul 06.16 Wita.

Makanya bulan yang terbit di barat pada hati Jumat sudah tidak dapat terpantau. Sebab matahari akan terbit terlebih dahulu di sebelah timur.

“Artinya perpisahan bulan Sya’ban terjadi pada Kamis besok,” kata Lukman.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …