Usai Lebaran Idul Fitri 2017, Pasar Tramo Maros Dioperasikan

Bupati Maros Hatta Rahman memantau pembangunan pasar tradisional modern  (Tramo) Maros, Rabu (7/12/2016). | POJOKSULSEL - ADNAN

Bupati Maros Hatta Rahman memantau pembangunan pasar tradisional modern (Tramo) Maros, Rabu (7/12/2016). | POJOKSULSEL - ADNAN

POJOKSULSEL.com MAROS – Pengoperasian Pasar Tradisional Modern (Pasar Tramo) yang berada di Turikale Maros sehausnya dimulai sebelum Ramadhan namun di tunda hingga habis lebaran Idul Fitri mendatang. Pasalnya hingga kini pasar  tersebut pembangunan nya belum juga rampung, Selasa (23/5/2017).

Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan pasar tramo seharusnya sesuai jadwal sudah mulai beroperasi sebelum ramadhan namun proses sejumlah tender bangunan pengerjaannya terbilang lambat.

“Awalnya dijadwalkan akan digunakan sebelum ramadhan  tapi kenyataannya sampai sekarang belum rampung. Kita juga tidak bisa memaksakan untuk menggunakannya sekarang karena takut membahayakan jika masih ada yang kerja, ” ungkapnya.

Hatta menambahkan kegiatan perampungan pasar tramo bisa selesai pada pertengahan ramadhan, hanya saja setelah itu tidak langsung difungsikan.  Karena Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) sementara mendata dan menata tempat pedagang yang akan menjual yang sesuai dengan barang dagangannya.

“nanti malah yang harusnya jadi prioritas seperti pedagang pasar sentral justru tidak mendapatkan tempat, sementara pedagang musiman mendapat tempat tentu ini akan menjadi masalah. makanya kami berharap sebaiknya difungsikan setelah lebaran,” terangnya.

Diketahui bangunan pasar tramo memiliki 600 kios dan 500 lapak yang disiapkan. Pemkab menggratiskan pedagang yang ingin pindah  ke pasar ini. lapak dan kios tidak diperjual belikan. hanya saja dikenakan kontribusi berdasarkan perda.

Bangunan pasar tradisional ini dibangun sejak tahun 2009, atau pada masa periode Andi Najamuddin Aminullah. Proses pembangunnanya menelan miliar  rupiah dan sempat terhenti karena menjadi temuan dari BPK RI.

(adnan/pojoksulsel)



loading...

Feeds