TERNYATA! Begini Awal Mula Stadion Mattoanging Dikelola YOSS

Diskusi publik bertajuk Stadion Mattoanging Milik Siapa, yang digelar Forum Bersama (Forbes) Wartawan Olahraga di Chetengan Cafe, Jalan Mongonsidi, Makassar, Selasa (23/4/2017).

Diskusi publik bertajuk Stadion Mattoanging Milik Siapa, yang digelar Forum Bersama (Forbes) Wartawan Olahraga di Chetengan Cafe, Jalan Mongonsidi, Makassar, Selasa (23/4/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Diskusi publik bertajuk Stadion Mattoanging Milik Siapa, yang digelar Forum Bersama (Forbes) Wartawan Olahraga di Chetengan Cafe, Jalan Mongonsidi, Makassar, Selasa (23/4/2017).

Hadir sebagai pembicara satu tokoh sejarawan yang juga mantan Sekertaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel priode 1971, Zainuddin Taha.

 

Ia membeberkan, jika Mattoanging beserta venue yang dikuasai Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) merupakan milik pemerintah dan dibawah naungan KONI.

“Menjawab tema diskusi ini, saya sampaikan, bahwa Stadion Mattoanging dan vanue lain yang dikelola YOSS adalah milik masyarakat Sulsel dalam hal.ini Pemerintah,” ungkap Zainuddin.

Ia bercerita, pada tahun 1957 saat Pekan Olahraga Nasional ke-4 pada yang digelar di Makassar, seluruh venue olahraga yang dibangun. Namun, setelah itu beberapa diantaranaya terbengkalai seperti Pacuan Kuda, kompleks olahraga Mattoanging (Kolam Renang) dan lain sebagainya.

Akhirnya, pemerintah pusat membentuk KONI pada tahun 1967 sekaligus ditunjuk untuk mengelola sarana peninggalan venue PON ke-4.

“Dan KONI membagi kepada organisasi keolahragaan seperti kolam renang untuk PORSI, stadion ke PSSI, Pelti untuk lapangan tenis. Seluruh organisasi yang ditunjuk, bertanggung jawab terhadap sarana olahraga dan masuk anggara pemerintah,” jelasnya.

Tapi saat KONI mengelola venue tersebut, kata Zainuddin terkendala dana antara pembinaan atlet dan perawatan sarana. “Makanya terbentuk Yayasan Olahraga KONI sebagai sarana pencarian dana perawatan venue tersebut,” katanya.

Saat kepemimpinan Andi Matalatta sebagai ketua KONI Sulsel pada tahun 1977, Yayasan Olahraga KONI berubah nama menjadi Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

“Mengenai terbentuknya YOSS saya tidak tahu lagi sejak saya pendidikan di Belanda,” jelasnya.

Hingga kini, Kompleks Olahraga Andi Mattalatta Mattoanging masih dikelolah YOSS. Bisa saja, pemerintah mengambil alih kembali sarana olahraga milik Pemprov ini, apabila KONI membatalkan kontrak kerjasama.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds