Supra: yang Saya Lakukan Murni Kritik Terhadap Pemkot

Anggota DPRD Makassar Supratman.

Anggota DPRD Makassar Supratman.

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Legislator DPRD Makassar Supratman kembali menegaskan bahwa yang dilakukannya adalah murni kritik dewan terhadap kinerja Pemkot Makassar.

Hal ini terkait pelaporan oleh kuasa hukum Walikota Danny Pomanto, Salasa Albert, ke pihak kepolisian atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Supratman.

 

“Salah satu yang menjadi pertimbangan saya kenapa tidak merespon somasi kepada saya, adalah menjaga kehormatan institusi dewan ini. Menjaga marwah dari anggota DPRD dalam menjalankan tupoksinya. salah satu yang saya lakukan adalah fungsi pengawasan itu,” tegas Supratman di ruang kerjanya, Komisi D DPRD Makassar, Selasa (23/5/2017).

“Salah kah jika anggota DPRD mengkritisi kinerja pemerintah kota?” tanyanya.

Supratman pun menuturkan awal permasalahan yang menyeret dirinya hingga dianggap mencemarkan nama baik Wali Kota Makassar Danny Pomanto. Ia mengatakan jika dirinya melakukan fungsi pengawasan dari program pemerintah kota Makassar yang telah dianggarakan di dewan.

“Yang saya lakukan ini adalah murni melakukan kritik kepada walikota, bahwa persoalan pete-pete smart yang menyatakan itu tidak dianggarkan di DPRD Makassar. Saya katakan, bahwa itu salah. Karena memang dianggarkan di Dewan. Ini (pete-pete smart) adalah perencanaan yang matang, yang mulai dari 2016 itu, di pokok disiapkan anggaran untuk halte, yang akhirnya dibangun di Hertasning dan Cendrewasih. Dari halte ini dianggarkan lagi untuk pete-pete smartnya,” tutur Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Makassar ini.

Jika akhirnya pemkot Makassar melalui walikota Danny Pomanto menggunakan dana pribadinya untuk merealisasikan program pete-pete pintar tersebut, hal itu dapat berarti kegagalan pemerintah kota dalam merencanakan program.

“Kalau pun pihak pemkot mengatakan itu anggaran tidak terpakai, berarti itu adalah kegagalan dari pemkot dalam merencanakan programnya,” jelas

Sementara itu, anggota banggar lainnya dari fraksi Demokrat, Basdir mengatakan langkah kritik yang dilakukan Supratman sudah sesuai dengan tugas dan fungsi pokok (tupoksi) dari dewan. Apalagi program pete-pete smart pemerintah kota Makassar memang telah dianggarkan oleh dewan sejak APBD perubahan 2016 lalu.

“Barangkali memang, persoalan anggaran pete-pete smart itu, barangkali pak wali tidak menggunakan APBD, saya tidak tahu dia menggunakan apa, anggaran pribadinya atau apa saya tidak mau tahu itu. Tetapi apa yang disampaikan saudara kami Supratman disini bahwa anggaran untuk pete-pete smart itu ada dan dianggarkan di APBD perubahan 2016 dan APBD 2017, itu juga 100 persen benar. Siapa bilang itu tidak ada, itu ada anggarannya,” tegas Basdir.

“Kalau misalnya pengacara Pak Wali itu mau lihat, kami siap perlihatkan DPA-nya. Jangan kemudian, terkesan bahwa kuasa hukum itu tidak memahami, tidak pernah baca RKA dan DPA kemudian melakukan somasi bahwa anggaran percontohan pete-pete smart itu selama pak wali menjabat tidak pernah dianggarkan. Siapa bilang? Itu tandanya yang press konferensi di cafe mana itu tidak pernah membaca DPA,” tambah Basdir yang juga Anggota komisi D ini.

Sementara, terkait pelaporan kepada Supratman sendiri, dirinya menegaskan sangat menyayangkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa hal itu merupakan upaya pembungkaman dari suara kritis anggota DPRD Makassar.

“Kami sangat menyayangkan upaya-upaya seperti itu. Ini bisa dikatakan sebagai pembungkaman terhadap suara-suara kritis yang dilakukan oleh teman-teman DPR. Ini sama saja mengkebiri hak-hak DPR untuk melakukan fungsi kontrol terhadap penggunaan anggaran APBD. Ini uang rakyat. Apakah itu salah jika supratman mengatakan itu telah dianggarakan di APBD 2016 dan 2017? Kalau ada yang mengatakan salah, mari sini kita berdebat, saya perlihatkan DPA-nya. Saya kira DPA itu ada juga di pemkot,” tegasnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …