Danny Laporkan Supratman ke Polisi, BK DPRD Makassar: Dewan Punya Hak Imunitas

Anggota DPRD Makassar Supratman.

Anggota DPRD Makassar Supratman.

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- Badan Kehormatan DPRD Makassar Abdul Wahid, angkat bicara terkait proses somasi yang dilakukan pihak kuasa hukum Walikota Makassar Danny Pomanto, Salasa Albert, terhadap Sekretaris Komisi D DPRD Kota Makassar, Supratman, ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Makassar, Senin (22/5/2017) lalu.

“Terkait masalah tersebut sebaiknya pemkot yang bermitra langsung dengan DPRD minimal harus melakukan langkah preventif terlebih dahulu sebelum terjadi pelaporan ke pihak kepolisian,” ujar Abdul Wahid saat ditemui di DPRD Makassar, Selasa (23/5/2017).

“Minimal ada pendekatan personal kepada anggota DPRD yang bersangkutan,” tambahnya.

Ia juga mengaku sampai kini, belum ada laporan bahkan rekomendasi dari pimpinan DPRD terkait masalah yang melibatkan salah satu anggota Badan Anggaran dari Fraksi Partai Nasdem tersebut.

“Tentu pihak pemkot punya pandangan tersendiri hingga melaporkan ke pihak kepolisian, kami sendiri menyarankan ada pendekatan tertentu sebelum melakukan somasi dan langkah hukum. Hingga kini kami di BK belum pernah menerima laporan terkait masalah yang berkembang tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa disisi lain, anggota dewan memiliki hak imunitas dalam menjalankan fungsi pengawasannya terhadap kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar.

“Meski begitu kita akan tunggu sesuai dengan proses hukum yang ada, karena ini sudah terlanjut berjalan. Kalau memang sudah sampai di pimpinan, kita akan melakukan tupoksi sesuai dengan prosedur yang ada. Di satu sisi, selaku anggota dewan, ada hak imunitas yang dimikili untuk melakukan kritikan terhadap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota,” jelasnya.

“Kita tidak bisa juga melakukan proses apa-apa sebelum ada rekomendasi dari pimpinan,” tambahnya lagi.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds