TERNYATA! Uang Kertas Tempat Bersarangnya Bakteri Berbahaya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Hasil penelitian studi Frontiers in Microbiology menemukan kalau uang kertas adalah tempat bersarangnya bakteri penyebab beberapa jenis penyakit.

Temuan itu dirilis usai menganalisa beberapa uang pecahan 20 yang dikumpulkan dari 12 rumah sakit dan 3 stasiun kereta di Hong Kong serta berdasarkan sampel dari tangan beberapa orang, udara, air minum dan sendimen air.

Dari beberapa sampel di atas, para peneliti menemukan bahwa uang kertas memiliki jumlah dan jenis bakteri yang lebih banyak dibandingkan sampel lainnya.

Seperti dilansir MensHealth.com belum lama ini, 36 persen dari bakteri-bakteri tersebut adalah bakteri patogen seperti E.coli dan Clostridium difficile, dua organisme yang bertanggungjawab atas terjadinya diare, infeksi kantung empedu, saluran kemih, selaput otak dan beberapa lainnya.

“Singkatnya, uang kertas bertindak sebagai medium yang dapat ‘menyerap’ bakteri dari lingkungan dan memungkinkan bakteri patogen hidup di dalamnya,” kata peneliti Jun Li, Ph.D., dalam press rilisnya.

Selain terkontaminasi oleh bakteri dari udara atau lantai, kebiasaan orang-orang seperti tidak mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi atau menutupi batuk dengan tangan dan kemudian memegang uang berperan besar dalam hal ini.

(fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds