Pengungkapan Gula Rafinasi di Sulsel Terbesar di Indonesia, Beroperasi 3 Tahun

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani | DOK. POJOKSULSEL

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Tim Satgas Ketahanan Pangan Sulsel berhasil menggerebek 5.086,6 ton gula rafinasi di gudang distributor UD Bintang Baru, Jalan Ir Sutami Makassar, Sulawesi Selatan. Pengungkapan ini merupakan yang terbesar di Indonesia.

“Ini adalah pengungkapan terbesar di Indonesia untuk gula rafinasi,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani saat merilis pengungkapan gula rafinasi di gudang UD Bintang Baru, Senin (22/5/2017).

 

Kabid Humas Dicky Sondani mengatakan, UD Bintang Baru adalah distributor gula terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Bintang Baru menyuplai gula rafinasi Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Papua, dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Dicky Sondani mengungkapkan, distributor gula rafinasi ini telah beroperasi selama 3 tahun. Dan omzet penjualan telah mencapai triliunan rupiah. Gula ini didistribusikan dalam kemasan plastik 1 kilogram, dengan merk Sari Wangi.

Gula rafinasi tersebut diperoleh dari pabrik Makassar Tene. Kementerian perdagangan hanya mengizinkan penistribusian Bulan rafinasi ke industri makanan dan minuman.

Sementara untuk konsumi rumah tangga dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan sejumlah penyakit. Di antaranya osteoporosis, diabetes dan penyakit kanker.

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Pangan Sulsel Kombes Yudhiawan mengatakan, meskipun saat ini pemilik UD Benteng Baru belum ditetapkan tersangka, namun peredaran gula rafinasi ini telah melanggar pasal berlapis, yakni UU 7/2014 tentang perdagangan dengan ancaman 5 tahun, denda Rp5 miliar. UU 3/2014 tentang perindustrian dengan ancaman 5 tahun, denda 3 miliar.

Selanjutnya, UU 8/1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman 5 tahun dan denda Rp2 miliar. Dan UU 8/2013)2 tentang pangan dengan ancaman 2 tahun dan denda 4 miliar.

“Kami masih melakukan serangkaian penyidikan terkait kasus ini,” ungkap Kombes Yudhiawan yang juga Ditreskrimsus Polda Sulsel.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …