4 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Salah satu masalah yang kerap muncukl selama puasa ialah bau mulut. Hal ini tidak dapat dihindarkan karena kurangnya produksi air liur yang menjadi sebab bau mulut. Nah, kendati demikian, Anda bisa melakukan perawatan untuk meminimalisir bau mulut. Berikut tips sederhana menjaga kesehatan mulut selama puasa.

1. Menyikat gigi
Menyikat ggi secara teratur akan membantu menghilangkan kotoran pada gigi. Sisa makanan yang tersisa di mulut dapat menimbulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sikat gigi secara teratur saat sahur, setelah berbuka dan sebelum tidur bantu cegah bau mulut.

 

2. Kumur-kumur
Sama halnya seperti menyikat gigi, kumur-kumur juga dapat membantu menghilangkan sisa kotoran pada mulut. Umat muslim terbiasa melakukan kumur-kumur saat berwudhu. Kumur-kumur secara rutin dapat membantu mencegah bau mulut.

3. Konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayuran memilki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang baik untuk kesehatan mulut. Konsumsi sayur dan buah secara rutin saat sahur dan berbuka dapat mencegah bau mulut. Stroberi, jeruk, nanas, seledri, dan brokoli dapat membantu menjaga kesehatan mulut.

4. Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut
Makanan seperti, kopi, teh, petai, jengkol dan durian dapat menyebabkan bau mulut. Hindari makanan yang disebutkan diatas agar mulut terbebas dari bau mulut.

(mia/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds