Tangan Anda Dingin? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Tidak sedikit orang yang tiba-tiba kaget  setelah merasakan tangannya dingin saat melakukan aktivitas.

Namun, jika tangan Anda terasa dingin di saat suhu udara di sekitar Anda adalah hangat atau bahkan panas, ini baru hal yang gak normal.

Menurut laman Fit Hacker, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan hal ini. Berikut di antaranya:

1. Penyakit Raynaud

Ini adalah kondisi dimana suplai darah pada area tertentu mengalami gangguan. Biasanya terjadi pada jari tangan dan kaki. Jari yang terdampak akan terlihat memutih atau bahkan membiru.

2. Hypothyroidism

Tangan yang dingin juga adalah ciri dari difsungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri berfungsi sebagai termostat tubuh, ketika tubuh sedang tidak akitfm maka beberapa fungsi tubuh akan mengalami penurunan dan salah satunya menyebabkan rasa dingin. Biasanya terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.

3. Anemia

Anemia muncul ketika tubuh kekurangan sel darah merah, akibatnya, tubuh akan kekurangan pasokan oksigen dan menyebabkan tangan yang dingin. Anemia juga bisa terjadi akibat kekurangan zat besi, menstruasi dan beberapa jenis kanker.

4. Sirkulasi darah yang buruk

Sirkulasi yang buruk terjadi ketika aliran darah mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh buruknya kerja jantung atau akibat dari terjadinya penyempitan pembuluh darah.

5. Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 dapat ditemukan pada konsumsi daging, telur dan produk susu yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini menyebabkan menurunnya sel darah merah itu sendiri dan bertanggungjawab atas tangan Anda yang dingin.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds