Jakun Pria Lebih Menonjol dari Cewek, Ini Alasannya

Ilustrasi. NET

Ilustrasi. NET

POJOKSULSEL.com – Jakun atau adam’s apple dimiliki baik pria atau pun wanita. Namun, yang dimiliki pria terlihat lebih menonjol dari kaum hawa.

Anda sendiri mungkin pernah bertanya-tanya, apa fungsi dari jakun itu dan mengapa jakun pria terlihat lebih besar dan menonjol.

Well, jakun disebut-sebut berfungsi untuk memberikan perlindungan pada bagian sensitif tenggorakan yang rentan terhadap tekanan dari luar.

Sementara alasan mengapa jakun terlihat lebih besar dan menonjol pada pria adalah karena pria dewasa memiliki kotak suara yang lebih besar dibandingkan wanita, hal yang juga yang menjelaskan mengapa pria memiliki suara yang lebih berat.

Pada awalnya, pria dan wanita memiliki ukuran kelenjar tiroid (letaknya di bawah jakun) yang sama. Pada pria, ukurannya akan mengalami perubahan saat ia mengalami pubertas, ditandai dengan pembesaran jakun dan suara yang memberat.

Sayangnya, fungsi perlindungan yang ditawarkan jakun tidak selama menguntungkan, khususnya pria dengan jakun yang lebih menonjol. Ketika gugup atau berbohong, maka jakun akan sulit untuk dikendalikan.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …