Jakun Pria Lebih Menonjol dari Cewek, Ini Alasannya

Ilustrasi. NET

Ilustrasi. NET

POJOKSULSEL.com – Jakun atau adam’s apple dimiliki baik pria atau pun wanita. Namun, yang dimiliki pria terlihat lebih menonjol dari kaum hawa.

Anda sendiri mungkin pernah bertanya-tanya, apa fungsi dari jakun itu dan mengapa jakun pria terlihat lebih besar dan menonjol.

 

Well, jakun disebut-sebut berfungsi untuk memberikan perlindungan pada bagian sensitif tenggorakan yang rentan terhadap tekanan dari luar.

Sementara alasan mengapa jakun terlihat lebih besar dan menonjol pada pria adalah karena pria dewasa memiliki kotak suara yang lebih besar dibandingkan wanita, hal yang juga yang menjelaskan mengapa pria memiliki suara yang lebih berat.

Pada awalnya, pria dan wanita memiliki ukuran kelenjar tiroid (letaknya di bawah jakun) yang sama. Pada pria, ukurannya akan mengalami perubahan saat ia mengalami pubertas, ditandai dengan pembesaran jakun dan suara yang memberat.

Sayangnya, fungsi perlindungan yang ditawarkan jakun tidak selama menguntungkan, khususnya pria dengan jakun yang lebih menonjol. Ketika gugup atau berbohong, maka jakun akan sulit untuk dikendalikan.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …