Di Harkitnas, NH Bicara Soal Sosok Arung Palakka

Plt Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdi Halid saat menghadiri pengukuhan pimpinan desa/kelurahan Dapil II Golkar Bone di Desa Tellu Boccoe, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sabtu (13/5/2017) siang tadi.

Plt Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdi Halid saat menghadiri pengukuhan pimpinan desa/kelurahan Dapil II Golkar Bone di Desa Tellu Boccoe, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sabtu (13/5/2017) siang tadi.

POJOKSULSEL.com, Makassar – Tepat tanggal 20 mei yang jatuh pada hari ini, perjuangan bangsa Indonesia melawan Kolonialisme yang ditandai dengan berdirinya organisasi modern pertama di Nusantara yakni Boedi Oetomo.

Awalnya organisasi ini hanya bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan, namun seiring berjalannya waktu organisasi ini berubah menjadi organisasi berkekuatan politik yang luar biasa, sehingga memaksa pemerintahan Hindia Belanda memenjarakan pendiri Organisasi ini, Dr. Sudiro Husodo, karena dianggap sebagai organisasi separtatis.

 

Dinamika sejarah perlawanan diatas juga terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebut saja beberapa nama seperti Latenri Tatta Arung Palakka, Walter Monginsidi, serta Qahhar Mudzakkar, Sultan Hasanuddin, Andi Depu, dan masih banyak lagi.

Tentu beberapa nama tersebut menjadi beberapa tokoh inspirasi bagi figur Sulsel hari ini.

Salah satunya adalah Ketua DPD II Partai Golkar Sulsel, HAM Nurdin Halid (NH).

Bagi putra berdarah Bone ini, sosok penting dalam merefleksi perjalanan perjuangan bangsa ini khususnya Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yakni Figur Latenri Tatta Arung Palakka.

Menurutnya, sosok pejuang Nasional berdarah Bone ini adalah tokoh yang patut dijadikan contoh, bagaimana menggagas perjuangan menuju Sulsel yang lebih baik.

“Bicara soal sejarah perjuangan bangsa ini, khusunya dalam hal Harkitnas, saya selalu ingat tokoh nasional yang bernama Latenri Tatta Arung Palakka, ia adalah tokoh inspirator saya,” ungkap Bakal Calon Gubernur Sulsel 2018 – 2023 ini kepada PojokSulsel.com melalui pesan Whats – Upnya, Makassar, Sabtu (20/05).

Lebih lanjut kata NH, Arung Palakka punya totalitas memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dalam konteks hari ini, bagaimana merefleksikan perjuangan Arung Palakka, dengan menjadi politisi yang membangun daerahnya, serta mengangkat derajat daerahnya.

“Dalam konteks hari ini, cara meneladani Arung Palakka, yakni dengan memperjuangkan untuk kesejahteraan daerah yakni Sulsel, saya berdarah Bone, saya percaya, semangat Arung Palakka mengalir di darah saya,” jelas Ketua Dekopin ini.
Diakhir peryataan nya, NH mengatakan, bagi para muda Sulsel, dalam rangka memperingati dan merefleksikan makna Harkitnas yakni Jngan sekali – sekali berdiam diri melihat kedzoliman dan ketidakadilan yang ada di depan mata.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional, semoga para anak muda tidak diam melihat penindasan, karena Harkitnas bergejolak itu karena gerakan para anak muda,” tutup Nurdin Halid

.
(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …