Sosok Nurdin Halid di Mata Bahar Muharram: Kalah Tak Pernah Salahkan Pemain (2-selesai)

Nurdin Halid

Nurdin Halid

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Hukum pertandingan, ada menang, ada kalah. Dalam istilah bola, dikenal adanya “Bola itu Bundar.” Artinya, setiap tim, setiap pemain, akan merasakan saatnya menang dan saatnya kalah. Saat menang gembira ria, dan saat kalah tentu bersedih.

Tapi, tidak jarang terjadi, hasil buruk dari setiap pertandingan harus berujung dengan menyalahkan pihak tertentu. Kasarnya, mencari kambing hitam. Dan seringkali, yang jadi kambing hitam adalah pemain.

Begitu juga bagi PSM. Sebagai tim tertua dengan berbagai macam pengalaman tentu sudah dirasakan. Suka duka, menang dan kalah. Uniknya, menurut pengakuan Bahar Muharram, salah satu pemain legenda PSM, pada era Nurdin Halid, tak pernah pemain disalahkan jika menderita kekalahan.

“Tak pernah pemain disalahkan. Justru NH menyalahkan diri sendiri. Pak NH selalu mengambil tanggung jawab penuh atas kekalahan yang dialami,” ungkap Bahar Muharram.

Lebih dari itu, sosok NH selalu mau mendengarkan keluh kesah pemain. Hak-hak pemain juga selalu diberikan, tak pernah ditunda-tunda. Bahkan, selalu dituntaskan.

“Begitulah sosok NH ketika menangani PSM. Karena itu, benar-benar sangat berat ketika beliau meninggalkan PSM,” ujarnya.

Terbukti, prestasi PSM juga langsung melorot saat ditinggalkan. Pemain asing andal PSM seperti Luciano Leandro, Musa Kalom, dan Jacksen Tiago pun ikut hengkang.

Lebih lucu lagi, lanjut Bahar Muharram, saat tidak lagi jadi manajer PSM, kalau bertemu NH di Jakarta, tetap dapat bonus. Jadi, mesti tidak lagi menangangi PSM, perhatiannya pada pemain PSM tetap ditunjukkan.

“Saya sendiri, secara pribadi, sampai sekarang seperti sudah memiliki ikatan batin dengan Pak NH. Susah senang beliau juga menjadi susah senang saya,” ujarnya.

(sulselbaru/diolah dari Buku: “HAM Nurdin Halid, Di Timur Matahari, Langkah Besar Anak Guru)



loading...

Feeds

Tiara Dewi dan Lucky Hakim. FOTO: Dok. Jawa Pos

Lucky Hakim Lebaran tanpa Istri

POJOKSULSEL.com – Lucky Hakim akan menghabiskan lebaran tahun ini hanya seorang diri. Pasalnya, istrinya Tiara Dewi memutuskan berangkat melakukan ibadah …