Reklamasi Teluk Jakarta Dihentikan, Beranikan Aguan Lawan Anies?

Gubernur Jakarta terpilih Anies Baswedan

Gubernur Jakarta terpilih Anies Baswedan

GUBERNUR Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan timnya sedang menggodok penghentian reklamasi teluk Jakarta. Kalau sampai proyek bernilai triliunan rupiah ini disetop, apakah Aguan Cs akan melawan atau diam saja?

Seperti diketahui, proyek ini sudah berjalan. Tercatat, ada 17 pulau buatan yang akan dibangun di Teluk Jakarta. Proyek ini digarap 9 pengembang, baik swasta maupun BUMN. Yang sudah selesai dibangun antara lain Pulau C, D, K dan N. Sedangkan satu pulau lagi, yakni G baru setengah jadi.

Pulau C dan D dibangun PT Kapuk Naga Indah, anak perusahaan dari PT Agung Sedayu Group, perusahaan bentukan Aguan alias Sugianto Kusuma. Sementara, Pulau K dibangun PT Pembangunan Jaya dan direncanakan digunakan untuk depo MRT.

Pulau N dibangun oleh PT Pelindo II dan kini dimanfaatkan sebagai dermaga baru Pelabuhan Tanjung Priok, sedang Pulau G dibangun oleh PT Muara Wisesa Samudera, anak perusahaan dari PT Agung Podomoro Land.

Dalam perjalanannya, megaproyek ini mengalami banyak sandungan. Mulai dari dugaan suap dari pengembang, kalah gugatan di pengadilan, hingga penegasan pemberhentian oleh Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan.

Pembubaran proyek ini dipertegas dengan dibentuknya tim singkronisasi Anies-Sandi, untuk membahas urusan Jakarta, termasuk reklamasi. Secara mengejutkan, anggota tim bernama Marco Kusumawidjaja justru menegaskan tak akan ada pengganti kerugian pengembang proyek reklamasi yang pulaunya diambil alih. Alasannya pembangunan reklamasi dianggap ilegal.

“Bahwa kalau Anda (pengembang) melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan koridor hukum, Anda sebenarnya tidak berhak minta ganti rugi,” kata Marco kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Marco menilai, pulau reklamasi dibangun dengan menyalahi Amdal dan tanpa adanya peraturan daerah (Perda) Zonasi. Selain itu, ia menyebut ruko-ruko yang sudah dibangun juga tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Marco menyatakan, pemerintahan Anies-Sandi akan mempersilakan pengembang menggugat ke pengadilan. Namun jika kondisi itu terjadi, Marco berkeyakinan pengembang tetap akan kalah secara hukum.

“Bahwa syarat-syarat hukum tidak dipenuhi, ya jelas-jelas pembangunan tanpa IMB, pulau tanpa Perda Zonasi, itu melanggar hukum. Jadi kalau mereka menuntut ya akan kalah menurut saya,” kata Marco.



loading...

Feeds

firza husein, selebriti, kasus firza husein, foto hot firza husein, habib rizieq, firza husein dan habib rizieq, kasus pornografi firza husein, foto mesum firza husein, chat mesum habib rizieq

Habib Rizieq Pulang Besok?

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan akan pulang ke Indonesia besok, Jumat (22/9/2017). Namun, hal itu …

Ini Kunci Kebahagiaan Sandra Dewi

POJOKSULSEL.com – Artis Sandra Dewi membocorkan kunci kebahagiaannya dalam menjalani hidup. Sandra pun tak pelit mengungkap apa yang menjadi kunci …