Ini Tips untuk Anda Agar Semangat Bekerja Saat Berpuasa

Ilustrasi

Ilustrasi

SEBENTAR lagi, umat muslim di seluruh dunia siap melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum saja tetapi juga memurnikan jiwa dengan menahan hawa nafsu dan melatih diri untuk disiplin. Saat puasa, bukan berarti membuat tubuh bermalas-malasan karena alasan lemas. Banyak cara untuk membuat tubuh tetap bugat dan sehat sepanjang hari saat berpuasa.

Dari segi kesehatan, berpuasa dapat membentuk kebiasaan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Energi dialihkan dari sistem pencernaan ke sistem imun dan proses metabolik sehingga tubuh dapat memulihkan secara otomatis. Saat puasa, kadar insulin, gula darah, trigliserida, dan kolesterol juga dapat diturunkan.

Lalu bagaimana caranya meski berpuasa tetapi tetap sehat dan bugar? Ahli Gizi dan Nutrisi, Nofika Aisyah memberi saran agar asupan porsi makan selalu disajikan dalam kandungan gizi seimbang. Setiap kali sahur dan berbuka puasa, makanan dan minuman harus mengandung gizi seimbang yang diperlukan tubuh selama berpuasa.

“Saat sahur dan berbuka tetap ya harus seimbang. Ada protein juga, karbo, sayur dan buah-buahan, air putih, harus mencukupi semuanya,” kata Nofika kepada JawaPos.com, Kamis (18/5/2017).

Saat sahur, porsi yang harus diperhatikan yakni makanan bergizi seimbang ditambah minum air putih sebanyak dua gelas. Jangan makan dengan porsi besar dan pervanyak asupan sayuran, buah, dan serealia yang mengandung karbo.

Saat berbuka pun, ada aturan makan yang tepat agar pencernaan tetap sehat setelah sehari penuh berpuasa. Pertama kali, minum segelas air putih atau air hangat, ditambah makanan manis dengan porsi cukup.

Kemudian dilanjutkan dengan beribadah salat Magrib. Setelah 30 menit kemudian, barulah makan makanan gizi seimbang dan ditambah dengan cairan sehat. Saat berbuka hingga sebelum tidur, sebaiknya total air yang diminum adalah lima gelas.

“Jangan langsung makan besar usai berbuka puasa itu tidak baik. Makan takjil juga jangan kebanyakan,” tegas Nofika.

Cara lain untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan berolahraga selama puasa. Nofika menyarankan olahraga yang ringan selama berpuasa boleh dilakukan setiap hari asal jangan terlalu ekstrim. Misalnya olahraga berjalan.

“Kemudian saat berbuka harus bisa pintar-pintar memilih lokasi makan berbuka yang tepat. Sebaiknya jangan makanan cepat saji, apalagi banyak kegiatan buka bersama teman-teman nanti. Harus memilih lokasi makan yang menyediakan pilihan nutrisi seimbang,” paparnya.

Nofika juga menyebutkan banyak cara untuk menahan rasa lapar selama berpuasa. Di antaranya dengan mengubah kebiasaan pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Frekuensi makan yang sebelumnya terlalu sering saat berpuasa maka dikurangi. Puasa dapat mengubah porsi makan menjadi lebih bervariasi.

Kemudian, kata dia, fokus berpuasa dengan tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan mengurus rumah tangga. Bisa juga menjalankan hobi seperti membaca buku, menonton, atau melakukan kegiatan positif lainnya.

“Olahraga yang cocok memang jalam santai. Karena akan meningkatkan efek membakar lemak saat puasa. Selain itu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatan tubuh pada umumnya,” tandas Nofika.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Gelandang PSM Makassar Rizky Pellu. Foto: GTS

Pellu Selamatkan PSM dari Kekalahan

POJOKSULSEL.com, GRESIK – Bermain di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Minggu (28/5/2017) malam, PSM Makassar harus puas dengan membawa pulang …
Bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Foto: AFP

Griezmann Tidak ke MU, tapi…

POJOKSULSEL.com – Rumor kepindahan Antoine Griezmann ke Manchester United terus menjadi pembicaraan. Atletico Madrid sendiri tidak henti-hentinya menepis spekulasi terkait …