Film Blockbaster Ini Pernah Jadi Sasaran Hacker, Baca Daftarnya

Ilustrasi

Ilustrasi

ANCAMAN pembajakan terhadap film-film calon blockbuster sangat sering terjadi di Hollywood. Namun, para pembajak ini seharusnya kapok main ancam. Sebab, tak satu pun di antara studio besar itu yang bersedia memenuhi tuntutan mereka.

Favorit Oscars- (Januari 2017) – TorrentFreak mengklaim, setidaknya ada lima film yang berhasil diretas pada akhir 2016. Di antaranya, Hidden Figures, Patriots Day, Arrival, La La Land, dan Moonlight. Pelakunya tergabung dalam kelompok hacker P2P, termasuk HIVE-CM8 dan 4RRIVED. Namun, kelimanya hanya bisa diunduh dengan kode tertentu, dengan otorisasi dari pihak peretas.

Favorit Oscars (2) – (Desember 2015) – Kelompok HIVE-CM8 mengunggah 40 film besar Hollywood. Di antaranya, The Hateful Eight, The Revenant, Creed, dan Spotlight. Seluruhnya berformat HQ-DVD dan diduga merupakan salinan yang diberikan buat juri acara penghargaan, jurnalis, serta profesional di dunia perfilman.

Sony Pictures- (November 2014) – Kelompok Guardians of Peace (GOP) merilis data rahasia Sony Pictures pada 29 November 2014. Selain data gaji, surel, hingga kontrak, lima film siap tayang ikut diretas dan diunggah. Yakni, Annie, Fury, Still Alice, Mr. Turner, dan To Write Love on Her Arms. Peretasan tersebut diduga disponsori Korea Utara, terkait dengan rilis film The Interview pada bulan yang sama.

Lionsgate – (Juli 2014) – Film The Expendables 3 bocor tiga pekan sebelum rilis pada 15 Agustus 2014. Dua pria yang diduga merupakan peretas ditangkap di Inggris. Sementara itu, tiga situs yang mengedarkan versi bajakan dituntut membayar USD 590 ribu.

(fam/c16/na)



loading...

Feeds