Tak Diberi Izin, Aksi 1000 Lilin untuk Ahok DiPalopo Dibubarkan

Massa menggelar aksi 1000 Lilin untuk Ahok di depan Mapolres Palopo, Senin (15/5/2017) malam. | POJOKSULSEL - BAYU

Massa menggelar aksi 1000 Lilin untuk Ahok di depan Mapolres Palopo, Senin (15/5/2017) malam. | POJOKSULSEL - BAYU

POJOKSULSEL.com, PALOPO – Aksi solidaritas untuk terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terus berlanjut di Sulawesi Selatan (Sulsel). Setelah Kota Makassar, kali ini, simpatisan Ahok menggelar aksi 1.000 Lilin untuk Ahok digelar di Kota Palopo.

Namun, aksi 1000 Lilin untuk Ahok yang yang rencananya digelar di Lapangan Gaspa Kota Palopo tak diberikan izin. Tapi, simpatisan Ahok tak kehabisan akal. Massa yang terdiri dari puluhan orang memindahkan aksi mereka di depan Mapolres Kota Palopo, Senin (15/5/2017).

Aksi di depan Mapolres Kota Palopo itu hanya berlangsung sekira 10 menit. Mereka sempat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dibubarkan oleh polisi.

Hanya saja setelah dibubarkan dari depan Mapolres Palopo, massa kemudian berjalan kaki ke Jalan Batara. Kemudian berlanjut ke Jalan Veteran. Di depan Kantor Dinas Pertanian, mereka membakar lilin, lalu mereka pulang ke rumah masing-masing.

Sementara itu, massa yang menolak aksi 1000 lilin membubarkan massa yang hendak ikut aksi 1000 lilin, di Lapangan Gaspa Palopo.

Pihak yang menolak aksi 1000 lilin, Abdul Rauf Dewang, yang ditemui di lokasi, menyebutkan, jika penolakan aksi seperti ini hanya karena persoalan khawatir akan terjadi masalah. Sebab selama ini, masalah toleransi di Palopo masih berjalan baik. “Tidak perlu ikt-ikutan aksi 1000 lilin,” ujarnya.

Kapolres Kota Palopo AKBP Dudung Adijono mengakui, jika memang sempat ada aksi 1000 lilin di depan Mapolres. Namun setelah itu, langsung dibubarkan.

“Kita khawatir akan terjadi gesekan dengan ormas yang menolak, sehingga kita arahkan ke Polres. Untuk antisipasi gesekan, kami sudah siagakan anggota untuk antisipasi ini. Sebab kami memang tidak memberikan izin,” ujarnya.

Pihak penyelenggara, Sahardi, membantah jika aksi 1000 lilin ini bukan untuk Ahok. Namun rencananya aksi untuk peduli bencana longsor di Kecamatan Angkona, Luwu Timur, dengan melakukan penggalangan dana.

Sebelumnya, aksi 1000 Lilin untuk Ahok juga akan digelar di Pantai Losari Makassar. Namun, aksi itu gagar setelah nyaris terjadi benturan massa yang menolak aksi tersebut. Pasalnya, aksi 1000 lilin untuk Ahok di Makassar juga tak memiliki izin.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Henrikh Mkhitaryan

Mimpi Henrikh Mkhitaryan Jadi Kenyataan

POJOKSULSEL.com – Menjadi tumbal kesepakatan Manchester United memboyong Alexis Sanchez dari Arsenal, justru membuat tampak bahagia. Pasalnya, Mkhitaryan bisa mewujudkan …
bahaya pakai Headset

Asal Pakai Headset, Ini Bahayanya

POJOKSULSEL.com – Bagi para pemilik smartphone maupun gadget, headset, headphone atau earphone sudah menjadi perangkat wajib. Fungsi ketiganya kurang lebih …

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …