Korea Utara di Balik Virus WannaCry?

 Tampilan situs yang terkena virus WannaCry. (EPA)

Tampilan situs yang terkena virus WannaCry. (EPA)

POJOKSULSEL.com – Penyebar virus WannaCry yang membuat dunia geger, kini masih menjadi teka-teki.

Seorang peneliti keamanan dari Comae Technologies di Uni Emirat Arab, Matthieu Suiche, mengatakan kalau penyebar virus WannaCry mungkin ingin mengirimkan pesan dalam bentuk kode dengan tujuan ingin menyetir suhu politik.

Lantas siapa tokoh dibalik serangan cyber global itu?

Salah satu teori yang santer digaungkan adalah, Korea Utara (Korut). Tetapi itu masih perlu diselidiki lebih lanjut.

Dilansir USA Today, gaya cyber-attack saat ini serupa gayanya dengan Lazarus Group. Grup ini berhasil meng-hack Sony Pictures pada 2014 dan bank di Banglades pada 2016. Diyakini, Lazarus Group bekerja di Tiongkok namun atas nama Korut.

Para ahli keamanan sekarang pun secara hati-hati mengaitkan Lazarus Group dengan cyber-attack WannaCry.

Salah satu dasarnya adalah hasil penemukan penyeliti kemanan Google Neel Mehta. Mehta menemukan kesamaan kode yang ditemukan di WannaCry di dalam software yang digunakan pelaku dengan perangkat lain yang diciptakan Lazarus Group.

”Penemuan Neel Mehta adalah penemuan paling signifikan saat ini mengenai asal WannaCry,” kata perusahaan keamanan Rusia, Kaspersky. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum keputusan diambil.

(usatoday/theguardian/tia)



loading...

Feeds

Gelandang PSM Makassar Rizky Pellu. Foto: GTS

Pellu Selamatkan PSM dari Kekalahan

POJOKSULSEL.com, GRESIK – Bermain di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Minggu (28/5/2017) malam, PSM Makassar harus puas dengan membawa pulang …
Bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Foto: AFP

Griezmann Tidak ke MU, tapi…

POJOKSULSEL.com – Rumor kepindahan Antoine Griezmann ke Manchester United terus menjadi pembicaraan. Atletico Madrid sendiri tidak henti-hentinya menepis spekulasi terkait …