Gubernur Sulsel Minta RTRWP Perhatikan Kelestarian Hutan

Syahrul Yasin Limpo. | DOK. POJOKSULSEL

Syahrul Yasin Limpo. | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengajukan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) 246,37 ribu hektar hutan di 18 kabupaten di Sulsel.

RTRWP Sulsel yang diajukan yakni 84,035 ribu hektar perubahan fungsi, 159,9 ribu hektar perubahan peruntukan, dan 2,39 ribu perubahan penunjukan. Luas hutan Sulsel saat ini mencapai 1,8 juta hektar atau 52 persen dari luas daratan Sulsel.

Menanggapi hal itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pengusulan RTRWP memang harus diajukan setiap 5 tahun. Hal ini sebagai bahan evaluasi dan penyususnan kondisi obyektif yang terjadi di kawasan hutan.

Menurut Syahrul Yasin Limpo, prinsip dasar yang harus diperhatikan adalah menjaga kelestarian hutan sebagai paru-paru dunia.

“Supaya tetap menghadirkan kestabilan ekosistem sehat bagi manusia,” kata Syahrul Yasin Limpo, Senin (15/5/2017).

Gubernur Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, perubahan hutan mesti tetap berorientasi pada aspek kesehatan lingkungan, maupun kesejahteraan bagi rakyat. Ia menegaskan, pemanfaatan hutan tidak diperuntukan bagi kepentingan individu tertentu, atau pun koorporasi.

“Perubahan ini harus memperkuat kepastian dan kemanfaatan bagi rakyat, baik lingkungan kesehatan dan ekonomi,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Lanjut Syahrul Yasin Limpo, salah satu perhatian dari segi aspek ekonomi bagi masyarakat adalah, tidak boleh mengklaim hutan, yang ternyata secara obyektif sudah terbangun sebuah pedesaan di dalamnya.

Karena itu, pengajuan RTRWP mesti melalui kajian akademi secara legal dari sisi ekonomi, sosial, budaya, lingkungan fisik seperti kajian geologi.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

ramadan, marhaban ya ramadan, opini, opini bachtiar nasir, bachtiar nasir, ustadz bachtiar nasir, kh Bachtiar Nasir, opini ramadan, opini ramadan bachtiar nasir, ramadan 2017

Memandang Ramadan yang Hebat

SEANDAINYA nyawa dicabut hari ini, maka orang-orang beriman pasti merasakan kebahagiaan. Karena mereka telah diberikan kesempatan berada dalam pelukan bulan …