Sulit Tidur? Atasi dengan Cara Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

TIDUR mungkin bisa menjadi perkara mudah bagi sebagian orang, namun juga bisa menjadi masalah sulit bagi yang lainnya.

Bagi sebagian orang, tidur hanya butuh tempat. Kapan pun ingin tidur, mereka bisa segera tidur dengan nyenyak dan bangun kembali dengan kondisi tubuh lebih segar.

 

Tetapi ada sebagian orang justru mengalami hal sebaliknya. Mereka sulit tidur hingga terjaga semalaman.

Meski memiliki kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai dan waktu yang luang, tidur tak juga bisa didapat orang-orang ini.

Penyakit sulit tidur yang dikenal dengan insomnia ini memang bukan gangguan sembarangan.

Ada yang bilang insomnia sebenarnya bukan penyakit, hanya gejala kelainan dalam tidur yang berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur (mudah atau sering terbangun).

Gejala tersebut biasanya diikuti dengan gangguan fungsional tubuh saat bangun.

Insomnia bisa menghambat kegiatan dan fungsi tubuh Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih frustasi ketika telah mencoba hampir segala cara untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak.

Menurut ilmu pengetahuan, tubuh memerlukan suhu tertentu untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Jadi trik agar Anda bisa tertidur dengan nyenyak adalah dengan hanya menempatkan kaki di luar selimut Anda.

“Tubuh Anda lebih terjaga ketika suhu meningkat namun Anda akan merasa lebih mengantuk ketika mencapai suhu dingin,” kata juru bicara untuk National Sleep Foundation dan profesor psikologi di University of Alabama, Natalie Dautovich, seperti dilansir laman India Times, Minggu (14/5).

“Kaki kita adalah alat yang sempurna untuk menurunkan suhu tubuh karena mereka berbulu dan memiliki struktur vaskular yang tepat yang membantu dalam penyebaran panas,” jelas Dautovich.

Karena itu kata Dautovich, menempatkan kaki Anda di luar selimut bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih restoratif.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …