PILKADA BONE: NH Bertemu AYP-Berhasil di Lapri. Sudah Berpasangan?

Plt Ketua DPD I Partai Golkar Nurdin Halid saat bertemu dengan AYP dan H Saipullah Latif Manyalla di Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone, Sulsel, Sabtu (14/5/2017) dini hari.

Plt Ketua DPD I Partai Golkar Nurdin Halid saat bertemu dengan AYP dan H Saipullah Latif Manyalla di Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone, Sulsel, Sabtu (14/5/2017) dini hari.

POJOKSULSEL.com, BONE – Pilkada Bone 2018 sepertinya akan semakin menarik. Andi Yuslim Patawari (AYP) yang sudah menyatakan kesiapan bertarung di Pilkada Bone 2018, ternyata sudah membangun komunikasi intens dengan tokoh Bone Barat H Saipullah Latif Manyalla.

Santer beredar AYP akan berpasangan dengan Saipullah Latif Manyalla dengan tagline AYP-Berhasil. Berhasil merupakan akronim dari “bersama” Haji Saipullah Latif Manyalla. Pergerakan AYP tidak hanya dengan membangun komunikasi dengan tokoh Bone Barat yang merupakan politikus dari partai Bulan Bintang (PBB) , tapi juga dengan Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid (NH).

Diketahui, NH, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel akan maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sulsel 2018 berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar (AQM) dari Partai Golkar.

Pertemuan dini hari pun digelar ketiga tokoh Bone yang akan maju di pentas politik di Sulsel. Ketiganya, NH, AYP, dan Saipullah Latif Manyalla bertemu di Kecamatan Lapri yang merupakan daerah pemilihan dari Saipullah Latif Manyalla.

Pertemuan yang berlangsung santai itu seolah menjadi penanda kedekatan AYP dengan NH. Saat diwawancarai pojoksulsel.com, AYP enggan membocorkan pembicaraannya dengan NH.

“Hanya pertemuan keluarga saja. Kebetulan ada ponakan saya anaknya (Alm) H. Abd. Makis yang menikah dengan anaknya H. Syamsu yang merupakan saudara Bupati Pangkep (Syamsuddin A Hamid) dan Pak Nurdin berkesempatan untuk mampir,” kata AYP.

Sementara H.Saipullah Latif Manyalla mengatakan, senang dengan mampirnya NH di tempat acara resepsi di saat masyarakat main domino.

“Bangga sekali kami Puang NH bisa singgah walaupun tengah malam, masih sempat bersilaturrahmi dengan kami,” kata Saipullah Latif Manyalla yang berencana maju sebagai calon wakil bupati Bone berpasangan dengan AYP.

Saipullah Latif Manyalla menilai, NH merupakan sosok yang bersahaja dan low profile. Terkait keinginannya maju di Pilkada Bone 2018, Saipullah Latif Manyalla mengatakan, dirinya memiliki kesamaan visi dengan AYP.

“Secara profile, tentu tidak diragukan lagi. Kita sudah tau karena Pak AYP sudah pernah maju di Pilkada Bone lalu. Dan saya sudah kenal lama dengan Beliau. AYP merupakan salah satu generasi muda Bone yang punya potensi besar,” kata Saipullah Latif Manyalla.

Diberitakan sebelumnya, AYP sudah menyatakan diri akan maju di Pilkada Bone dan siap berhadapan dengan pasangan Andi Fahsar M Padjalangi-Ambo Dalle  pada Pilkada Bone 2018 sebagai incumbent.

AYP sudah mengambil formulir di Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra sebagai kendaraan maju di Pilkada Bone 2018. AYP saat ini tercatat sebagai akademisi dosen di Politani Pangkep dan berhimpun di beberapa Organisasi Level nasional, Ketua DPP AMPI, Koordinator DPP LIRA, ketua DPP Gerakan Bela Negara, Mantan Ketua DPP KNPI dan Mantan Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat.  AYP juga Asessor Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP) menjabat sebagai ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politani Pangkep yang bekerjasama dengan kementerian Kelautan Perikanan dan Kementerian Pertanian untuk mensertifikasi penyuluh perikanan dan pelaku usaha untuk menghadapi Persaingan MEA.

Diberitakan sebelumnya, untuk politik Bone, AYP Kalloloe bukan lagi nama yang baru. Pada Pilkada Bone 2013, AYP maju sebagai calon wakil bupati Bone yang berpasangan calon bupati Bone Andi Irsan Galigo, atau Andi Cicang urutan ke dua polehan suaranya.

AYP-Berhasil, jikapun nantinya jadi pasangan yang maju di Pilkada Bone 2018 tentunya harus menjadi perhatian. Paduan latar belakang akademisi dan politisi menjadi paduan bisa diperhitungkan. Selain itu, pemetaan geopolitik keduanya yang berasal dari basis berbeda.

Saipullah Latif Manyalla merupakan anggota DPRD Bone dua periode dari wilayah Bone Barat dan mempunyai banyak kerabat menjadi kepala desa di Bone, sementara AYP yang merupakan cucu (Alm) H.Andi Mandatjing Petta Solong mempunyai rumpun besar yang tersebar dari daerah Selatan, Utara dan Kota Watampone.

Selain AYP yang sudah memastikan diri akan maju bertarung di Pilkada Bone 2018, figur lain yang mengemuka di antaranya mantan Ketua Kepmi Bone Andi Singkeru Rukka dan politikus Andi Irwandi.

Andi Singke, sapaan Andi Singkeru Rukka, juga sudah mulai melakukan sosialisasi di media sosial dengan tagline Bone Makkiade. Andi Singke merupakan tokoh muda Bone dengan latar belakang akademisi. Andi Singke saat ini dosen di IAIN Gorontalo dan menempuh program doktoral di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Sementara Andi Irwandi merupakan anggota DPRD Sulsel dari PAN yang juga menjabat sebagai ketua Bapilu PAN Sulsel.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds