Penderita Diabetes Berpuasa? Perhatikan Hal Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

SEBENTAR lagi, umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadan. Berpuasa saat Ramadan merupakan rukun Islam yang wajib dijalankan. Namun bagaimana dengan penderita diabetes yang sangat erat dengan aturan porsi makan? Bolehkah berpuasa?

Tentu hal itu harus dikonsultasikan kepada dokter. Paling penting, diabetisi (penderita diabetes) yang ingin berpuasa wajib memerhatikan pola makan 3J.

“Diabetisi wajib perhatikan 3J yaitu jumlah porsinya, jenis makanan, dan jam makannya,” kata Ahli Gizi dan Nutrisi Nofika Aisyah.

Menurut Nofika ada diabetisi yang memang betul-betul tidak bisa mengeluarkan insulin di tubuhnya. Kondisi seperti ini akan sulit untuk berpuasa.

“Diabetes kan ada tipe I dan II, kalau tipe II itu akibat gaya hidup, tetapi kalau tipe I memang sudah bawaan dimana pankreasnya tidak berfungsi. Yang enggak bisa puasa biasanya yang enggak bisa keluarkan insulin,” ungkap Nofika.

Nofika juga mengingatkan pemilihan tempat jika ingin berbuka puasa bersama keluarga dan teman di luar. Jangan memilih restoran dengan makanan yang tinggi garam, tinggi lemak, dan tinggi gula. Diabetisi juga harus rajin mengontrol kadar gula darah saat puasa.

“Bukbernya tergantung di mana, jangan pilih junk food, susah ya tergantung pilih makanan pas puasa, Perhatikan makanan yang dimakan dengan cara digoreng, tumis, atau rebus. Dan tentu sesuai dengan arahan konsultasi dokter,” papar Nofika.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Bella Shofie

Kok Bella Shofie Umpetin Suaminya?

POJOKSULSEL.com – Bella Shofie ramai diperbincangkan netizen di media sosial setelah disebut-sebut sudah menikah lagi. Baru-baru ini, kabar tersebut kembali …
demo ahok, kasus penistaan agama, ahok, sidang ahok, penistaan agama ahok

Ahok 2 Tahun Ditahan di Mako Brimob?

POJOKSULSEL.com – Sempat dipindahkan ke Lapas Cipinang, Jakarta Timur, namun terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama dikembalikan lagi ke …