Jangan Anggap Enteng Tempe, Ini 6 Manfaatnya

Ilustrasi. NET

Ilustrasi. NET

POJOKSULSEL.com – Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bernama tempe. Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia.

Namun pernahkah Anda tahu secara pasti kebaikan apa yang ditawarkani konsumsi tempe yang masuk dalam kategori superfood itu?

Penjelasan dari Authority Nutrition di bawah ini mungkin dapat memuaskan rasa ingin tahu Anda:

1. Tempa kaya nutrien

Meski harganya murah, namun kandungan nutrien yang ditawarkannya tiada banding. Selain kaya protein, vitamin dan mineral, tempe terkenal rendah kalori dan karbohidrat.

2. Menawarkan probiotik

Tempe dibuat menggunakan proses fermentasi yang melibatkan bakteri dan ragi. Makanan hasil fermentasi adalah sumber probiotik yang baik. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Kaya protein

Tempe sangat kaya akan protein. Dari 166 gram protein setidaknya terdapat 31 gram protein. Beberapa studi telah menunjukan bahwa konsumsi protein sangat baik dalam menunjang diet dan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kandung isoflafon yang ditawarkan kedelai, bahan dasar tempe, menurut hasil beberapa studi, mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Menurunkan stress oksidatif

Isoflafon pada kedelai juga disebutkan berkhasiat menurunkan stress oksidatif yang bertanggungjawab atas beberapa masalah kesehatan. Sifat antioksidan yang dimilikinya mampu menetralisir radikan bebas yang merupakan sumber dari banyak penyakit pada manusia.

6. Menyehatkan tulang

Selain 5 manfaat di atas, konsumsi tempe juga baik untuk membantu menjaga agar tulang selalu dalam kondisi yang prima. Kalsium yang dikandung tempe dapat mencegah osteoporosis yang umumnya terjadi sejalan bertambahnya usia.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Cristiano Ronaldo (mirror.co.uk)

Keren… Ini Sepatu Terbaru Ronaldo

POJOKSULSEL.com – Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memang tidak ikut terlibat dalam tur pramusim Real Madrid di Amerika Serikat. Ronaldo …
liga spanyol, berita terkini liga spanyol, barcelona, neymar, transfer neymar, neymar ke psg, neymar barcelona, transfer neymar ke psg

Messi pun Turun Tangan Bujuk Neymar

POJOKSULSEL.com – Spekulasi kepindahan Neymar dari Barcelona terus menggelinding. Pemberitaan di Prancis menyebutkan Neymar sudah mengatakan ‘yes’ untuk bergabung dengan …
Skuat Persija diamankan dengan kendaraan taktis saat meninggalkan Stadion GLBA, Bandung. (Foto: JPG)

Persib Kembali Terancam Sanksi

POJOKSULSEL.com – Persib Bandung kembali terancam sanksi dari Komdis PSSI usai duel panas menghadapi Persija Jakarta yang berkesudahan 1-1 di …
Ilustrasi

WASpada! Ini Merek Beras yang Dioplos

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Bareskrim Polri terus melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan beras yang sudah dioplos. Sebelumnya, polisi menggerebek gudang milik …