Virus Ransomware Serang Rumah Sakit di Jakarta, Baca Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

RUMAH sakit di seluruh dunia kini tengah diserang virus komputer jenis ransomware bernama Wanna Decryptor. Sebanyak 16 RS di Inggris diserang virus ini. Ternyata virus ini sudah mulai menyerang RS di Jakarta.

Akibatnya, keamanan komputer terganggu dan berdampak pada pelayanan. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) membenarkan sebuah rumah sakit di Jakarta Barat yakni RS Dharmais diserang virus ini, Jumat (13/5). PERSI mengimbau agar meningkatkan keamanan komputer uang dimiliki setiap rumah sakit.

“Berdasarkan informasi yang langsung diterima Persi dari RSK Darmais, serangan virus tidak merusak data pasien. Tim SIRS telah melakukan pencegahan dan tindakan sehingga serangan virus tidak merusak database pasien dan sistem lain,” tegas Ketua Umum PERSI Kuntjoro Adi Purjanto dalam keterangan tertulis, Minggu (14/5/2017).

Dikabarkan, virus Wanna Decryptor atau wannacry telah melanda hampir 100 negara di seluruh dunia. Bahkan jaringan National Health Service (NHS) di Inggris telah terkena serangan ransomware ini hingga data pasien terenkripsi pada sistem komputer rumah sakit.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Demikian juga SIRS harus di-update sistem keamanannya”, kata Kuntjoro.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah mengimbau rumah sakit untuk mewaspadai virus ini. Pemerintah juga tengah melakukan formula penangkalan virus ini agar tidak menyebar ke seluruh rumah sakit.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

mudik, jalan rusak, jalur trans sulawesi rusak, trans sulawesi rusak, mudik jalan rusak, jalan rusak ke palopo, mudik 2017

Mudik yang Mengecewakan

SEMINGGU sebelum Lebaran, saya membayangkan jalur mudik trans Sulawesi mulus. Paling tidak tidak ada hambatan berarti. Saya membayangkan, jalur ini …