Longsor Angkona Lutim, Bupati Husler Berkubang Lumpur. Lihat Fotonya

Bupati Lutim Thoriq Husler saat mengunjungi korban dan lokasi longsor Angkona Lutim, Sabtu (14/5/2017). Husler rela berkubang lumpur untuk melihat lokasi secara jelas. | DOK. HUMAS PEMKAB LUTIM

Bupati Lutim Thoriq Husler saat mengunjungi korban dan lokasi longsor Angkona Lutim, Sabtu (14/5/2017). Husler rela berkubang lumpur untuk melihat lokasi secara jelas. | DOK. HUMAS PEMKAB LUTIM

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – Longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Jumat (12/5/2017), menyisakan duka yang mendalam. 7 orang korban tewas dan belaan lainnya luka-luka. Selain itu, puuhan rumah rusak.

Hari kedua pasca longsor Angkona Lutim, Bupati Lutim HM Thorig Husler bersama Wakil Bupati Irwan Bachri Syam, Ketua DPRD Amran Syam dan sejumlah Muspida Luwu Timur kembali mendatangi lokasi bencana.

Kunjungan hari kedua ini juga dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan Syamsibar, Deputi II Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto dan Kepala Basarnas Makassar Amiruddin yang ikut memantau perkembangan evakuasi korban longsor dan pembersihan material jalan, Sabtu (13/05/2017 ).

Sejak Jumat kemarin hingga hari ini, sejumlah bantuan dari berbagai elemen masyarakat sudah mulai berdatangan di posko pengungsian. Bantuan tersebut diterima langsung Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukarti.

Untuk akses jalan, berdasarkan pantauan hari ini, material longsor sudah dibersihkan menggunakan alat berat. Jalan penghubung Provinsi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah sudah bisa diakses, hanya saja petugas membatasi kendaraan bantuan saja yang diperbolehkan melewati jalan tersebut.

“Hari ini, seluruh korban telah dievakuasi. Atas nama pemerintah Kabupaten Luwu Timur, saya menyampaikan terima kasih atas kepedulian, perhatian, dan kerjasama seluruh elemen masyarakat sehingga proses penanganan bencana berjalan cepat,” kata Husler.

Terkait akses jalan, kata Husler, meski sudah bisa dilalui, pemerintah tetap mengimbau agar pengendara tetap menggunakan jalur alternatif dulu, yakni melalui jalur akses Desa Tawakua menuju Kecamatan Kalena dan Mangkutana.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengendara yang akan melintasi jalur ini. Alat berat masih melakukan pembersihan material. Kami pastikan pembersihan material betul-betul rampung, baru boleh dilalui,” urai Husler sebagaimana rilis yang dikirim dari Humas Pemkab Lutim ke redaksi pojoksulsel.com.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur menyebutkan sebanyak 14 unit rumah warga rubuh tersapu longsor, korban meninggal berjumlah 7 orang, lima orang berjenis kelamin laki-laki dan dua orang berjenis kelamin wanita.

Tim evakuasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, TNI dan Polri dibantu warga setempat melakukan evakuasi di lokasi longsor.



loading...

Feeds

Lead singer Linkin Park, Chester Bennington. Foto: Mirror

Jadwal Tur Linkin Park Batal

BAND rock kondang Linkin Park terpaksa membatalkan sejumlah jadwal manggung dalam tur bertitel One More Light. Keputusan itu sebagai imbas …