Legislator Imbau Warga Teliti Beli Produk Jelang Ramadan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Komisi B Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Makassar mengimbau kepada Dinas Perdagangan Makassar rutin melakukan pemantauan harga sembako dan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah swalayan untuk mengatisipasi peredaran produk kedaluwarsa.

Ketua Komisi B DPRD kota Makassar, HM Yunus menyampaikan hal tersebut. Ia mengatakan bulan Ramadan menjadi momentum pengusaha nakal meloloskan produk kedaluwarsa. Disdag lanjut Yunus, tidak boleh tinggal diam dalam mengawasi sembako atau makanan yang kedaluarsa. Pengecekan dilapangkan tiga bulan sekali harus rutin dilakukan.

“Di samping itu masyarakat juga harus cermat, harus memperhatikan baik-baik tanggal kedaluwarsa produk makanan dan minuman,” jelas Yunus, Minggu (14/5/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Muhammad Yasir mengatakan pihaknya saat ini mulai rutin melakukan peninjauan jelang Ramadan. Dia mengaku saat ini minimal dua kali dalam satu bulan melakukan peninjauan harga.Termasuk mengecek sampel makanan yang dicurigai kedaluwarsa. “Kita melakukan mengecekan harga dua kali seminggu, itu memang agenda rutin,” akunya.

Yasir mengaku, dua pekan jelang Ramadhan harga sembako masih terjangkau. “Sampai saat ini, harga masih terkendali. Patokan kita untuk pangan itu cabai. Kalau cabai naik, berpengaruh terhadap yang lain. Alhamdulilah setelah mengalami kenaikan beberapa waktu lalu cabai saat ini sudah di angka kisaran Rp50 ribu,” jelasnya saat dikonfirmasi terpisah.

Untuk mengantisipasi produk kedaluwarsa pihaknya, sudah melakukan sosialisasi. Diantaranya toko swalayan yang paling ramai dikunjungi warga. “Kita sudah sosialisasi ke toko swalayan yang ramai diserbu warga, seperti Carrefour dan Hipermart. Kita minta agar mereka menarik produk yang sisa satu minggu waktu kedaluwarsanya,” jelasnya.

Sementara untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, pihaknya bakal menggelar pasar murah. Namun, saat ini pasar murah masih dalam proses tender. “Kita upayakan proses tender bisa rampung sebelum Ramadan agar bisa cepat digelar pasar murah,” tambahnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

mudik, jalan rusak, jalur trans sulawesi rusak, trans sulawesi rusak, mudik jalan rusak, jalan rusak ke palopo, mudik 2017

Mudik yang Mengecewakan

SEMINGGU sebelum Lebaran, saya membayangkan jalur mudik trans Sulawesi mulus. Paling tidak tidak ada hambatan berarti. Saya membayangkan, jalur ini …