Hukum di Negeri Ini Aneh, Jaksa Kok Mau Banding Kasus Ahok?

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Rencana Jaksa Agung HM Prasetyo yang akan melakukan banding atas vonis 2 tahun penjara terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapat kritikan tajam dari berbagai pihak.

Sebab, lazimnya banding dilakukan atas vonis yang lebih ringan dari tuntutan jaksa. Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarakan Pasetyo untuk melakukan kajian hukum yang teliti terkait rencana banding dalam kasus Ahok itu. Menurut Arsul, kebijakan melakukan banding adalah ketika vonis hakim memberikan hukuman lebih ringan dari yang dituntut.

Namun, dalam hal ini, vonis Ahok lebih berat dari tuntutan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

“Maka biasanya kejaksaan tidak banding. Kejaksaan membiarkan saja yang banding adalah terdakwa dan penasehat hukumnya,” ujar Arsul kepada JawaPos.com, Minggu (14/5).

Karenanya, apabila Jaksa Agung tetap ngotot melakukan banding terhadap vonis Ahok, maka akan menjadi pertanyaan besar bagi publik. “Mengapa dalam kasus Ahok kok jaksa ikut banding, ada apa ini?” tegasnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Prasetyo menegaskan dalam waktu dekat akan melakukan banding atas vonis 2 tahun yang didapat Ahok.

Menurut Prasetyo putusan majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara lebih berat ketimbang tuntunan JPU. Sehingga alasan itulah yang menjadikan Korps Adhyaksa akan melakukan banding.

(cr2/JPG)



loading...

Feeds

makassar, berita makassar, berita terkini makassar, kesehatan, info kesehatan, tips kesehatan, berita kesehatan, pojoksulsel, pojok sulsel, sehat, berita sehat, pojoksulsel.com, pojok sulsel, pojoksulsel, trik sulit bangun pagi, sulit bangun pagi, cara mengatasi sulit bangun pagi

Ini Bahayanya Tidur Berlebihan

POJOKSULSEL.com – Tidur berlebih, utamanya saat waktu libur tiba, begitu sayang untuk dilewatkan. Namun, studi baru-baru ini menemukan bahwa orang …