Korban Tenggelam di Larompong Diduga Bawa Kayu Pembalakan Liar

Proses pencarian warga Larompong yang terserat arus dan tenggelam di Sungai Benteng, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (12/5/2017). | POJOKSULSEL - BAYU

Proses pencarian warga Larompong yang terserat arus dan tenggelam di Sungai Benteng, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (12/5/2017). | POJOKSULSEL - BAYU

POJOKSULSEL.com, LUWU – Lima orang warga Larompong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang hanyut di Sungai Desa La’loa, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, sekira pukul 15.00 wita, Jumat (12/5/2017), diduga membawa kayu gelondongan atau bantalan dari Bukit Sutera.

Kayu yang diduga hasil pembalakan liar di Bukit Sutera itu dibawa melalui aliran sungai dengan membuatnya menjadi seperti rakit.

Kepala BPBD Luwu Jihad, menjelaskan penyebab hanyutnya kelima warga Luwu di Sungai La’loa itu dikarenakan memuat kayu gelondongan atau kayu bantalan jenis jenis kayu kalimalang jenis bulo, dari hulu sungai Salusana di Bukit Sutera.

“Kayu bantalan yang dibawanya diikat dan hanyutkannya ke hilir hingga ke Sungai La’loa. Di sini kayu rakitan mereka terbentur pada bendungan sehingga tidak dapat dikendalikan oleh korban dan mengakibatkan hanyut bersama mereka,” katanya.

Jihad juga menambahkan kelima warga ini hanyut diduga karena arua air cukup deras sehingga mereka terseret arus.

“Selain itu, kami menduga arus air yang deras mengakibatkan mereka tidak bisa mengendalikan kayu yang mereka bawa dan menyebabkan mereka ikut terseret air,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Larompong Selatan, yang tidak ingin disebutkan identitasnya, menduga kayu bantalan yang dibawah kelima orang ini adalah hasil pembalakan di hutan Bukit Sutera. Masyarakat berharap, aparat hukum tegas dalam penanganan pembalakan hutan di Luwu karena sudah menimbulkan banjir yang cukup parah.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Sudirman, mengatakan, personil BPBD yang tergabung dalam Tagana dan Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah berada di lokasi sejak sore hari melakukan pencarian bersama aparat TNI dan Polri serta masyarakat setempat.

Diberitakan sebelumnya, lima warga Luwu hanyut terseret air. Satu orang meninggal dunia dalam kejadian ini bernama Sainal alias Cena (35) warga Dusun Mandat Jaya Desa Bukit Sutera. Sementara dua warga yang hilang yakni, Meli (40) dan Siang (35) keduanya juga warga Bukti Harapan. Dua yang selamat yakni, Anda (27) dan Ilham (25) warga Bukit Sutera.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Gelandang PSM Makassar Rizky Pellu. Foto: GTS

Pellu Selamatkan PSM dari Kekalahan

POJOKSULSEL.com, GRESIK – Bermain di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Minggu (28/5/2017) malam, PSM Makassar harus puas dengan membawa pulang …
Bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Foto: AFP

Griezmann Tidak ke MU, tapi…

POJOKSULSEL.com – Rumor kepindahan Antoine Griezmann ke Manchester United terus menjadi pembicaraan. Atletico Madrid sendiri tidak henti-hentinya menepis spekulasi terkait …