Ternyata Konsumsi Garam Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur

Ilustrasi

Ilustrasi

INI adalah kabar baik bagi orang-orang yang biasanya bangun di malam hari untuk buang air kecil dan pada gilirannya mengganggu tidur mereka juga.

Kondisi ini di istilah medis dikenal sebagai nokturia dan mengurangi asupan garam bisa memecahkan masalah ini.

Studi baru yang dipresentasikan pada European Society of Urology kongres di London menunjukkan bahwa perubahan pola makan bisa membantu mengatasi masalah itu.

Mengurangi jumlah asupan garam dalam diet seseorang bisa secara signifikan mengurangi jumglah kencing secara berlebihan, baik di siang hari dan di saat tidur.

“Buang air kecil dimalam hari adalah masalah nyata bagi banyak orang, terutama seiring bertambahnya usia. Temuan ini memungkinkan adanya modifikasi diet sederhana yang secara signifikan meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang,” kata pemimpin peneliti, Matsuo Tomohiro, seperti dilansir laman India Times.

Para peneliti mempelajari 321 pria dan wanita yang memiliki asupan garam yang tinggi dan memiliki masalah tidur.

Para peserta penelitian ini kemudian diberi bimbingan dan dukungan untuk mengurangi konsumsi asupan garam mereka.

Mereka diikuti selama 12 minggu dan konsumsi garam para peserta penelitian ini diukur secara biokimia.

Sebagai hasil dari intervensi, 223 anggota peserta penelitian mampu mengurangi asupan garam mereka dari 10,7 gm per hari menjadi 8,0 gm per hari.

Dan sebagai hasilnya, frekuensi waktu rata-rata buang air kecil mereka pada malam hari turun dari 2,3 kali per malam menjadi 1,4 kali per malam.

“Ini adalah studi pertama untuk mengetahui kaitan antara asupan garam dan pengaruhnya dengan frekuensi ke kamar mandi,” pungkas Tomohiro.

Para peneliti juga menemukan bahwa buang air kecil di siang hari berkurang ketika peserta penelitian juga mengurangi asupan garam mereka pada pagi hingga siang hari.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Barcelona Keok, Neymar Tertawa

POJOKSULSEL.com – Akun Twitter resmi Paris Saint-Germain (PSG) menjadi pembicaraan setelah memposting foto Neymar sedang tertawa lepas dalam latihan. Foto …

Makin Runcing, Rivalitas Prabowo dan Jokowi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, mengomentari soal ketidakhadiran Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto …