Ternyata Ini Alasan Ahok Dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob Depok

Suasana administrasi penahanan Ahok di Rutan Cipinang. | DITJEN PAS

Suasana administrasi penahanan Ahok di Rutan Cipinang. | DITJEN PAS

JURU Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkum HAM Syarpani mengungkapkan, setelah menerima kolega dan keluarga di salah satu ruang di rutan, Ahok menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis.

“Agar diketahui jika ada penyakit yang diidap,” ucapnya saat dihubungi Jawa Pos.

Selain itu, petugas rutan memberikan penjelasan tentang hak dan kewajiban Ahok selama berada di rutan. Hak itu, antara lain, hak dikunjungi keluarga dan penasihat hukum, hak menjalankan ibadah, sampai hak mendapat perawatan kesehatan. ”Termasuk penjelasan tentang tata tertib di rutan,” kata Syarpani.

Seperti tahanan lain, begitu masuk Ahok harus menjalani masa orientasi alias ospek. Di Rutan Cipinang, tahanan yang menjalani masa orientasi ditempatkan di Blok Mapenaling (masa pengenalan lingkungan).

Dalam Blok Mapenaling itu, Ahok akan berkumpul dengan tahanan-tahanan kasus narkoba maupun kriminal yang juga baru masuk ke Rutan Cipinang. Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar menyatakan, Ahok akan menjalani masa ospek selama satu hingga dua pekan, bergantung bagaimana adaptasinya ”Setelah itu, baru dipindahkan ke sel umum,” ujarnya di Rutan Cipinang Selasa (9/5).

Rutan Cipinang terdiri atas tiga blok. Blok A khusus untuk tahanan atau narapidana (napi) kriminal umum, blok B untuk tahanan atau napi narkoba, dan blok tipikor khusus untuk tahanan/napi kasus korupsi. Ahok yang ditahan karena divonis kasus penodaan agama mungkin masuk ke sel di blok A.

Saat ditanya tentang fasilitas istimewa yang biasa didapat para mantan pejabat atau orang berduit, Asep membantah. Dia mengklaim pihaknya memberikan perlakuan yang sama untuk semua tahanan atau napi, termasuk Ahok.

”Gimana mau memberikan fasilitas lebih, di sini saja sudah penuh, tidak ada tempat lain. Jadi, Ahok nanti ditempatkan satu sel dengan warga binaan lainnya,” katanya.

Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Supriyadi Widodo mengatakan, status Ahok saat ini lebih tepat dikatakan sebagai tahanan hakim. Sebab, Ahok masih melakukan upaya hukum, yakni banding ke pengadilan tinggi. Artinya, pidana yang menjerat Ahok belum bisa dikatakan inkracht (berkekuatan hukum tetap). “Karena terpidana itu kan orang yang dikenai pidana,” ujarnya.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin, Ahok tiba di Rutan Cipinang pukul 11.55 WIB. Ahok datang menggunakan mobil lapis baja dengan pengawalan ketat petugas kepolisian. Ahok hanya diam dan tersenyum ketika keluar dari mobil. Para petugas langsung menggiringnya ke dalam rutan.

Di luar rutan, ratusan warga pendukung Ahok sudah menyemut. Mengenakan kemeja kotak-kotak merah, mereka menyuarakan tuntutan agar Ahok dibebaskan. Salah satunya yang dilakukan Sindi Sapteno. Perempuan 52 tahun asal Jakarta Timur itu menilai Ahok tidak layak ditahan. ”Tolong dibebaskan,” ujarnya sambil meneteskan air mata.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombespol Andry Wibowo menambahkan, dirinya telah menemui Ahok di dalam rutan. Menurut dia, hingga tadi malam, Ahok dalam kondisi baik. ”Pak Ahok merasa agak shock juga. Wajar saja, tidak ada satu pun orang yang senang tersandung kasus dan masuk penjara,” jelasnya.

Namun, pada Rabu (10/5) dini hari sekitar pukul 01.00, Ahok dipindahkan ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Saat dikonfirmasi, Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar mengatakan, pemindahan itu dikarenakan para penghuni lapas yang terdiri dari narapidana dan dan karyawan, merasa risih adanya aksi yang dilakukan oleh para pendukung Ahok. Pendukung Ahok itu sendiri diketahui melakukan aksi pada Selasa (9/5)‎ dari jam 14.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB setelah Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, menyuruh para massa untuk membubarkan diri.

“Teman-teman di dalam terganggu dan juga terusik suara (demonstran),” ujar Asep.

Selain itu, alasan lain pemindahan ahok adalah keamanan. “Demi keamanan saja, demi rutan itu sendiri dan keamanan yang bersangkutan. Memang kan keamanan dan fasilitas di rutan sangat kurang,” tandas dia.
(ian/tyo/c17/owi/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Coba Cara Ini Agar Sperma Sehat

POJOKSUSLEL.com – Makanan yang dikonsumsi tiap hari wajib mengandung energi dan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain makanan, ternyata …