Melihat Kepribadian dari Tulisan Tangan

Ilustrasi (Pixabay)

Ilustrasi (Pixabay)

POJOKSULSEL.com – Salah satu cara untuk melihat kepribadian seseorang yaitu melalui tulisan tangan. Cara ini memang terdengar janggal, namun ilmu grafologi ini diyakini bisa membaca kepribadian seseorang.

Psikolog yang juga pakar grafologi Herlan Pratikto mengatakan, sejauh ini dia percaya grafologi adalah salah satu ilmu yang terus berkembang dan bukan merupakan pseudo science lagi.

Banyak penelitian dari luar negeri yang membahas ilmu grafologi. Herlan sendiri tertarik dengan grafologi adalah setelah membaca jurnal berjudul projective techniques saat kuliah S2.

Kegunaan grafologi sendiri lebih tepat digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Sebenarnya bisa juga diarahkan melihat bagaimana potensi seseorang. Caranya, dengan melihat pola hurufnya.

Misalnya huruf yang cenderung berbentuk bulat menandakan si penulisnya dominan dengan sisi feminin dan punya passion di bidang sosial daripada eksak. Atau juga untuk jarak antar huruf.
’’Tapi hasilnya tidak bisa detail seperti hasil tes minat dan bakat secara keseluruhan,’’ ucap alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Namun untuk mengukur hal yang detail seperti potensi, bakat, dan minat, Herlan mengatakan bahwa grafologi sebaiknya digunakan sebagai salah satu instrumen atau pelengkap. ’’Bukan menjadi satu-satunya instrumen untuk melihat bakat dan minat seseorang,’’ ulas laki-laki yang juga dosen Psikologi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya tersebut.

Bila ingin menggunakan grafologi sebagai salah satu alat ukur pun, sebisa mungkin harus dalam emosi yang stabil saat menulis. Sebab kebanyakan tulisan tangan bisa berubah saat seseorang sedang sedih atau senang. Seperti halnya pelukis yang butuh suasana hati stabil untuk menghasilkan karya lukis yang apik.

(JPG)



loading...

Feeds