Kenang ‎Kepergian Tokoh Pejuang Oesman Balo, Keluarga Gelar Pengajian

Foto Oesman Balo atau La Semmang semasa hidup. IST

Foto Oesman Balo atau La Semmang semasa hidup. IST

POJOKSULSEL.com, SIDRAP – Sebelas tahun kepergian Oesman Balo, salah satu tokoh yang cukup fenomenal dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di Sulawesi Selatan (Sulsel), pihak keluarga menggelar pengajian di kediamannya di Kabupaten Sidrap, Rabu (10/5/2017).

“Kami sangat mencintai beliau (Oesman Balo)‎. Keluarga menggelar pengajian untuk mengenang 11 tahun kepergiannya,” terang Ananda Febriani Usbal, salah satu cucu Oesman Balo.

Dia mengatakan, tidak hanya menggelar pengajian pihak keluarga juga mengundang anak yatim untuk berbagi.

“Kami berbagi bersama anak yatim, dan mendoakan beliau,”katanya.

Ananda Febriani mengungkapkan, pengajian serupa di gelar oleh keluarga besar tokoh di wilayah Ajatappareng tersebut rutin dilakukan setiap tahun sejak kepergian Oesman Balo.

“Semoga doa-doa kita semua untuk kebaikan Almarhum dapat diterima oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Seperti yang tercatat dalam sejarah, khususnya masyarakat wilayah Ajatappareng (Pinrang, Sidrap, Parepare, Barru, Enrekang)‎, Tokoh yang fenomenal itu dipandang sebagai pejuang kemerdekaan yang gaga berani dan memiliki kharisma patriot tersendiri.

Oesman Balo yang lahir di Sidenreng Rappang 1920 silam itu juga dipandang sebagai tokoh yang penuh kontroversi karena cara pandang dan aktivitasnya yang tidak lazim dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Selain itu ia juga disegani dan disanjung oleh banyak orang karena memiliki karakter yang tegas dalam membela yang lemah. Masa perjuangan Oesman Balo sekitar tahun 1945-1955.  (haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

opini, Andi Fajar Asti, opini Andi Fajar Asti, opini plagiat, plagiat, rektor unj dipecat, rektor unj lagiat

Pesan untuk Pak Menteri

PEMECATAN Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menuai polemik. Betapa tidak, dibalik prestasi kepemimpinan Prof. Djaali selaku rektor UNJ berbagai isu …