Kasus Korupsi Pengadaan Alquran, Politisi Golkar Ini Dipanggil KPK

Priyo Budi Santoso.

Priyo Budi Santoso.

WAKIL Ketua DPR periode 2009/2014, Priyo Budi Santoso kembali dipanggil penyidik KPK hari ini.

Priyo dipanggil untuk bersaksi dalam perkara korupsi pengadaan Alquran dan laboratorium komputer di Kementerian Agama tahun 2011-2012.

 

Priyo akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fahd El Fouz (FEF) bersama dua saksi lainnya. Di antaranya, mantan anggota DPR Fraksi Demokrat, Nurul Iman Mustofa dan seorang ibu rumah tangga, Dewi Coryati.

Bersama mantan Dirjen Bimas Islam Nasarudin Umar, nama Priyo disebut-disebut dalam persidangan mantan anggota Komisi VIII DPR Zulkarnaen Djabar dan anaknya Dendy Prasetya.

Politisi Golkar itu diduga mendapat imbalan satu persen dari proyek pengadaan laboratorium komputer 2011 dan 3,5 persen dari nilai proyek pengadaan Alquran.

Nama Priyo Budi Santoso tidak hanya muncul saat hakim membacakan vonis terhadap Zulkrnaen dan Dendy. Dalam tuntutan Jaksa KPK terhadap dua terdakwa tersebut di pengadilan Tipikor, Jakarta pada 6 Mei 2013 lalu, nama Priyo juga muncul.

Dalam uraian unsur-unsur pidana, jaksa Kemas Abdul Roni mengatakan bahwa penentuan pembagian presentase dari fee proyek penggandaan Alquran tahun 2011, 2012, dan proyek pengadaan laboratorium komputer tahun 2011 di Kementerian Agama sesuai arahan dari terdakwa Zulkarnaen Djabar. Kemudian, dalam pembagian fee proyek tersebut, Priyo Budi Santoso dikatakan mendapat jatah.

(rmol/pojoksulsel)



loading...

Feeds