73 Calon Petugas Haji 2017 Ikut Tes di Asrama Haji Sudiang

Sebanyak 73 calon petugas haji tahun 2017 mengikuti tes tertulis di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/5/2017). | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Sebanyak 73 calon petugas haji tahun 2017 mengikuti tes tertulis di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/5/2017). | POJOKSULSEL - MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sebanyak 73 calon petugas haji tahun 2017 mengikuti tes tertulis di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/5/2017).

73 calon petugas haji 2017 terdiri atas 32 orang TPHI, 29 orang TPIHI, dan 12 orang dari PPIH Arab Saudi. Ujian calon petugas haji 2017 ini diawasi langsung tim dari inspektorat jenderal Kemenag RI dan Dirjen PHU Kemenag RI.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono melaporkan 73 calon pendamping haji 2017 juga akan mengikuti tes wawancara. Dia mengatakan seleksi ini bertujuan mewujudkan petugas haji yang amanah, profesional dan bertanggungjawab.

“Kami lakukan perekrutan calon petugas haji untuk musim haji 1438 H/2017 M baik calon petugas yang menyertai jemaah haji (TPHI dan TPIHI) maupun Calon petugas panitia penyelenggara Ibadah Haji di Saudi Arabia,” kata Kaswad Sartono.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Abd Wahid Thahir yang membacakan sambutan Dirjen PHU Kemenag RI Menyampaikan, kegiatan rekruitmen calon petugas haji ini sangat penting, mengingat kesiapan petugas haji merupakan bagian dari sistem penyelenggaraan ibadah haji yang setiap fase penyelenggaraannya harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu, keterbatasan jumlah petugas haji yang tidak berbanding lurus dengan penambahan jumlah jemaah haji, maka mulai tahun ini pemerintah akan memberdayakan petugas haji baik yang menyertai jemaah haji maupun yang bertugas di Arab Saudi.

Karenanya, Kementerian Agama menilai bahwa satu cara untuk meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yaitu dengan rekruitmen melalui seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara untuk memastikan petugas yang terpilih nanti sudah sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Di hadapan seluruh peserta tes petugas haji, Abd Wahid Thahir menegaskan bahwa seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama, untuk menjadi calon petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Olehnya itu seluruh pihak harus bersikap sportif, konsekuen, konsisten dan mengutamakan profesional,” kata Abd Wahid Thahir.

Sesuai rencana perjalanan haji (RPH) tahun ini, pemberangkatan jemaah haji kloter pertama akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli 2017, dan kloter terakhir pada tanggal 26 Agustus 2017. Sedangkan wukuf di Arafah pada tanggal 31 Agustus 2017 dan akhir Pemulangan pada tanggal 5 Oktober 2017.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …