Mendagri: Ahok Segera Diberhentikan dan Tunjuk Plt

Mendagri Tjahjo Kumolo | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Mendagri Tjahjo Kumolo | POJOKSULSEL - MUH FADLY

GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama segera diberhentikan dari jabatannya. Pemberhentian Ahok menyusul vonis dua tahun penjara dan penahanannya terkait kasus penistaan agama.

Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di kantornya, Selasa (9/5/2017).

Tjahjo mengatakan, sebagai tindak lanjut putusan majelis hakim, pemerintah diwakili Kemendagri akan mengirimkan surat resmi kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk meminta salinan putusan.

“Dari dasar salinan yang nanti kami terima, pemerintah akan mengambil langkah untuk berbagai tahap tadi. Pemberhentian Pak Ahok, menunjuk wakil gubernur sebagai Plt (pelaksana tugas) sampai Oktober,” kata Tjahjo kepada wartawan.

Menurut Tjahjo, usai menerima salinan putusan, pihaknya akan melapor ke Presiden Joko Widodo. Dengan dasar itu, pemerintah dapat memberhentikan Ahok dari jabatan gubernur DKI dan mengangkat pelaksana tugas gubernur.

“(Dasarnya) Keppres (Keputusan Presiden). Kami membuat surat melalui Setneg dan Seskab dasarnya itu, putusan resmi,” pungkasnya.

(Put/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …