Ahok Ditahan di LP Cipinang atau Salemba

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Majelis hakim memerintahkan agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditahan. Namun, hingga saat ini, belum diketahui lokasi penahanan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ada dua kemungkinannya. Di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang atau di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba.

“Bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 193 ayat 2 a KUHAP menyebutkan ‘pengadilan dalam menjatuhkan putusan, jika terdakwa tidak ditahan, dapat memerintahkan supaya terdakwa tersebut ditahan, apabila dipenuhi ketentuan Pasal 21 dan terdapat alasan, cukup untuk itu,’. Dan penjelasannya yang menyebutkan bahwa perintah penahanan terdakwa yang dimaksud adalah bilamana hakim pengadilan tingkat pertama yang memberi putusan berpendapat perlu dilakukannya penahanan tersebut karena dikhawatirkan bahwa selama putusan belum mempunyai kekuatan hukum tetap, terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti, atau mengulangi tindak pidana lagi,” kata majelis hakim dalam sidang di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

“Menimbang bahwa pasal 21 ayat 4 KUHAP menyebutkan penahanan tersebut hanya dapat dikenakan terhadap tersangka atau terdakwa yang melakukan tindak pidana dan/atau percobaan maupun pemberian bantuan dalam tindak pidana tersebut dalam hal tindak pidana itu diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih,” lanjut hakim.

Ahok sendiri divonis hukuman pidana penjara selama 2 tahun karena dianggap melanggar pasal 156 a huruf a KUHP. Ancaman maksimal dalam pasal itu adalah selama-lamanya 5 tahun.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds