Cegah Infeksi Pasien, RSUD Parepare Sosialisasi Kewaspadaan Standar

Suasana kegiatan sosialisasi pencegahan infeksi di gedung RSUD Parepare.

Suasana kegiatan sosialisasi pencegahan infeksi di gedung RSUD Parepare.

UPAYA Peningkatan pelayanan medis terus dilakukan pihak Menagemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satu yang dilakukan yaitu cara bagaimana mencegah dan mengendalikan infeksi pada pasien di lingkungan Rumah Sakit Tipe B tersebut.

Anggota tim pencegahan dan pengendali infeksi (PPI) RSUD Parepare, Mustari Laise, mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu pihaknya menggelar sosialisasi ke puluhan Kepala ruangan yang ada di Rumah Sakit tersebut.

“‎Ada 22 kepala ruangan yang mengikuti sosialiasi ini. Kita ajari mereka bagaimana cara mencegah infeksi pada pasien,”kata dia. Senin (8/5/2017) di RSUD Parepare.

Materi sosialiasi tentang pelatihan dasar PPI, kata dia, meliputi kebersihan tangan, penggunaan alat pelindung serta penanganan tumpahan bahan infeksius.

“Karena kebersihan tangan wajib diketahui oleh perawat yang ada di setiap ruangan. Sebelum dan sesudah kontak dengan pasien harus dipastikan bahwa kita dalam tangan steril,”jelasnya.

Sosialisasi itu, tambah dia, rutin dilaksanakan sebagai upaya peningkatan sistem pelayanan di Rumah Sakit tersebut.

“Jadi, sosialiasai tentang kewaspadaan standar rumah sakit ini adalah upaya  dalam peningkatan mutu pelayanan,”katanya. (sps/rsudpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds