Toraja Marathon 2017 Digelar 29 Juli, Ini Rutenya

Menteri Pariwisata Arief Yahya. DOK POJOKSULSEL

Menteri Pariwisata Arief Yahya. DOK POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata telah menetapkan Toraja Marathon sebagai event tahunan untuk mendongkrak wisatawan yang berkunjung ke Toraja, Sulsel.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menggelar konferensi pers
Toraja Marathon 2017 di kantor Kemenpar, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2017).

Toraja Marathon pertama pada 2016 di Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang berlangsung sukses membuat penyelenggaranya berniat menjadikannya sebagai event tahunan.

Dalam kesempatan itu Arief mengatakan, kementeriannya memberikan apresiasi atas Toraja Marathon 2017 yang akan digelar 29 Juli mendatang di Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Penyelenggaraan sport tourism berupa lari maraton internasional merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Arief dalam konferensi pers yang juga dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang itu.

Mantan direktur utama PT Telkom Indonesia itu menjelaskan, dampak langsung sport tourism memang tidak akan langsung terlihat terlalu besar. Namun, ada sisi lain dari sport tourism yang bisa menjadikan sebuah destinasi makin kondang.

“Dampak yang paling besar adalah media value-nya. Maka dari itu, promosinya harus menjadi prioritas, baik sebelum, selama, dan setelah event,” ujarnya berpesan.

Arief memang selalu menerapkan jurus khusus untuk mendongkrak media value dalam sebuah event. Yakni peliputan sebelum event, saat event berlangsung dan post-event.

Para pelari akan mengikuti trek yang ditentukan melintasi pemukiman kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, maupun pemakaman kuno sebagai objek wisata eksotis seperti Suaya, Tampang Allo, Bebo dan Kete’ Kesu.

(JPNN)



loading...

Feeds